Forum Masyarakat Kesenian Jakarta Ajukan Petisi ke Gubernur DKI

_

Sejumlah seniman yang menamakan diri Forum Masyarakat Kesenian Jakarta (FMKJ), Senin (29/5/2019) menandatangani petisi yang ditujukan untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, yang isinya antara lain mempertanyakan keberadaan Anggota Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dan Akademi Jakarta (AJ).

Menurut FMKJ, berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 630 Tahun 2016 tentang Pengukuhan Anggota Dewan Kesenian Jakarta Periode 2015 – 2018, masa tugas DKJ yang ada saat ini telah berakhir pada pukul 24.00 tanggal 31 Desember 2018 yang lalu.

Artinya, sejak 1 Januari 2019, keanggotaan DKJ sudah tidak ada, sehingga keberadaan DKJ sebagai lembaga dapat dikatakan sudah vakum.

Hal yang sama juga terjadi pada AJ, karena berdasarkan Pasal 10 Peraturan Gubernur Nomor 64 Tahun 2006, masa keanggotaan berakhir apabila berusia di atas 70 tahun. Faktanya, saat ini, semua anggota AJ telah berusia di atas 70 tahun.

Sehubungan dengan hal itu, dan mengingat h├ĘPeraturan Gubernur Nomor 64 Tahun 2006 tersebut masih berlaku sebagai dasar hukum yang mengatur keberadaan AJ dan DKJ, FKMJ menyampaikan petisi:

Pertama, mendesak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melaksanakan Peraturan Gubernur Nomor 64 Tahun 2006 tentang Akademi Jakarta (AJ) dan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) sebagaimana
mestinya.

Kedua, mendesak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta segera memperbarui keanggotaan AJ sesuai ketentuan dalam Pasal 10 ayat (7) Peraturan Gubernur Nomor 64 Tahun 2006.

Ketiga, mendesak segera dilakukan pemilihan anggota DKJ yang baru dengan mengacu pada ketentuan sebagaimana diatur dalam Pasal 20 ayat (5) Peraturan Gubernur Nomor 64 Tahun 2006.

“Saat ini orang-orang yang duduk di DKJ tidak tahu apa yang dikerjakan. Apa latar belakang merekan dan seperti apa kompetensinya, kan tidak jelas, sehingga marwah TIM sebagai pusat kesenian di Jakarta terus merosot. Orang-orang di Akademi Jakarta juga sudah sepuh dan melampaui ketentuan yang ada. Apakah mereka masih mampu memberikan sumbangan pikirannya untuk kemajuan kesenian di Jakarta,”papar seniman Eksan Zain dalam orasinya di Galeri Cipta II Taman Ismail Marzuki, Senin (29/4/2019) sore.

DKJ maupun AJ dibentuk oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan ketentuan resmi berupa surat keputusan/peraturan gubernur. Saat ini, ketentuan yang mengatur tentang AJ dan DKJ adalah Peraturan Gubernur Nomor 64 Tahun 2006 tentang Akademi Jakarta dan Dewan Kesenian Jakarta.

 

Share This: