13 Calon Penasihat Pimpinan KPK Lolos Tes Tahap Kedua

_

13 orang dari 34 calon yang melamar untuk menjadi calon Pensihat Pimpinan KPK lolos seleksi tes tahap kedua. Tes meliputi tes tertulis, tes psikologis, dan tes kesehatan. Ketiga belas nama ini juga telah diseleksi berdasarkan masukan dari masyarakat mengenai catatan kepolisian.

Ketiga belas nama tersebut cukup beragam latar belakangnya, ada yang Sarjana Hukum, IT,  Sarjana Ekonomi, Perbankan dan Sarjana Psikologi.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Tim Panitia Seleksi (Pansel) Penasihat KPK periode 2017-2021, Dr. Imam Prasodjo.

Mereka adalah Antonius D.R. Manurung, Budi Santoso, Burhanudin, Eddhi Sutarto, Edward Efendi Silalahi, Johannes Ibrahim Kosasih,  Moh. Tsani Annafari dan
Muhammad Arief.

Nama lainnya adalah  Nindya Nazara, Roby Arya Bratha, Sarwono Sutikno, Vinsensius Manahan Mesnan Silalahi
dan Wahyu Sardjono

“Setelah proses seleksi administrasi, 13 orang dari 34 pelamar dinyatkan lulus.  Mereka lolos dalam tes tertulis, psikoligis, dan tes kesehatan. Mereka berhak mengikuti tahapan berikutnya yaitu wawancara,” ungkapnya di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Dalam tes yang dilalui, para calon dinilai integritas maupun  leadershipnya.  Kemudian setelah itu akan dilanjutkan dengan membuat 2 jenis paper terkait lingkup KPK. 1 paper dibuat di rumah dan 1 paper lainnya dibuat dadakan di KPK.

Usai menjalani serangkaian tes tersebut pada hari Minggu, (26/3) mendatang, ketiga belas calon yang lolos akan menjalani tes wawancara dengan kelima tim pansel.

Dari hasil seleksi wawancara itu akan ada 8 calon peserta yang nantinya akan diserahkan oleh tim pansel kepada pimpinan KPK, untuk kemudian dipilih untuk menjadi Penasehat Pimpinan KPK.

Imam mengaskan Pansel akan mengedepankan calon-calon yang berintegritas dan mampu menjembatani KPK dengan masyarakat. Dia juga menyebut ada beberapa tahapan lagi yang akan dilakukan Pansel KPK.

“Salah satu yang ingin kita dorong adalah partisipasi publik. Harapannya penasihat ini jadi jembatan, antara KPK dengan masyarakat,” ungkapnya.

Share This: