227 Penumpang dan 113 Sepeda Motor Mudik Gratis

_

Sebanyak 227 penumpang dan 113 sepeda motor diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Tanjung Emas Semarang dengan kapal Pelni KM. Dobonsolo, sore tadi. Keberangkatan ratusan motor dan penumpang itu, adalah dalam rangka mudik gratis yang diselenggarakan Direktorar Jendral Perhubungan Laut (Dirjen Hubla).

“Penumpang yang terdaftar baik secara online dan offline untuk keberangkatan tanggal 17 Juni sebanyak 227 orang dan 113 motor,” ungkap Direktur Lalulintas dan Angkutan Laut, Bay M Hasani di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, Sabtu (17/6/2017).

Bay menjelaskan, mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut KM Dobonsolo akan dilaksanakan mulai tanggal 17, 19, 21, dan 23 Juni 2017. Sedangkan mudik gratis untuk arus baliknya akan dilaksanakan pada 30 Juni, 2, 4 dan 6 Juli 2017.

Ditempat terpisah, Dirjen Perhubungan Laut A. Tonny Budiono menyebutkan, Kementerian Perhubungan sudah menambahkan 1 unit kapal KM. Mutiara Sentosa III milik PT. Atosim Lampung Pelayaran rute Jakarta – Semarang pp untuk melayani mudik gratis sepeda motor tersebut yang rencananya akan berangkat tanggal 22 Juni 2017 untuk arus mudik, dan pada tanggal 29 Juni 2017 untuk arus balik.

“Program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut tahun 2017, berlaku untuk pemudik maksimal dua orang dewasa dan satu orang anak kecil,” tutur  Tonny.

Dari data yang dilaporkan, peserta mudik kebanyakan memilih waktu keberangkatan mendekati hari H Lebaran.

Hal itu, lantaran jarak tempuh yang pasti yakni selama 14 jam saja dari Jakarta ke Semarang.

“Untuk keberangkatan 23 Juni 2017, dari kapasitas yang tersedia, 98 persen sudah terisi,”  lanjutnya.

Tonny menyebutkan, kapasitas angkut untuk mudik gratis sepeda motor dengan KM. Dobonsolo sebesar 10.000 unit sepeda motor dan 20.000 orang  penumpang. Untuk KM. Mutiara Sentosa III, kapasitas yang disiapkan sebanyak 1.000 unit sepeda motor dan 2.000 orang penumpang.

“Jumlah itu untuk 8 kali voyage KM Dobonsolo dan 2 kali voyage untuk KM. Mutiara Sentosa III,” jelasnya.

Tony berharap masyarakat memanfaatkan program mudik ini. Karena menurutnya, kapal yang disiapkan pemerintah banyak menghadirkan fasilitas dan hiburan yang memadai, sehingga pelayaran selama 14 jam tidak akan terasa lama.

“Yang terpenting, program mudik gratis ini memberikan pelayaran mudik yang aman, selamat, tertib, dan nyaman bagi para pengguna sepeda motor, agar mudik bareng akan tercipta guyub rukun,” paparnya.

Pendaftaran untuk mudik gratis sepeda motor ini masih dapat dilakukan secara offline dengan mendatangi posko pendaftaran mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok, hingga hari H keberangkatan. Untuk arus balik, pendaftarannya dapat dilakukan secara online melalui mudikgratis.dephub.go.id dan offline di posko mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah yang dimulai dari tanggal 25 Juni 2017 hingga hari H keberangkatan kapal.

Program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut, bertujuan mengurangi arus kepadatan lalu lintas pengguna sepeda motor. Selain itu, sebagai pencegahan sekaligus mengurangi angka kecelakaan sepeda motor yang mendominasi di setiap musim lebaran, serta mengurangi penggunaan sepeda motor untuk jarak jauh.

 

 

 

 

Share This: