63 Disainer Ramaikan IMFW 2019, Anna Mariana Gelar Fashion Show Tunggal

_

63 designer ramaikan Indonesia Modest Fashion Week yang berlangsung selama tiga hari, tanggal 17 – 19 Oktober 2019 di Jakarta Convention Center (JCC).  IMFW yang tahun ini mengusung tema Nautical Archipelago.

Pada hari terakhir, disainer tenun dan songket Anna Mariana menggelar show tunggal sepanjang 60 menit.

Foto-foto: Dudut Suhendra Putra.

Anna menampilkan 60 koleksi busana terbaru, terdiri dari 30 busana atas karyanya sendiri, dan 20 karya merupakan rancangan Sasya dan Quita, puteri kembarnya yang mulai berkiprah sebagai perancang busana di bawah label House of Marsha by Sasha dan House of Marsha by Quita. Dan 10 busana lain, dimunculkan koleksi baju pria dibawah label House of Marsha by RMD (Raden Mas Dika) 

Tema dan gaya yang diusung dalam  pertunjukan ini sangat berbeda, karena menampilkan juga tari-tarian daerah dan musik.

“Kami tidak sekadar menggelar fashion show biasa, yang menampilkan peragawati berjalan di atas cat walk. Namun menggabungkannya dengan pertunjukan tari tradisional dan solo violin. Kita panggungkan beragam jenis tari Indonesia yang sangat kaya,” kata Anna Mariana di Plenary Hall Jakarta Convention Center, 19 Oktober pukul 19.00 WIB.

Gaya fashion show macam, diakui Ati Ganda sebagai Director Acara, tidak banyak lagi dibuat.

“Di tahun 80-an ada gaya begini dibuat Mas Guruh dan saya. Tapi sekarang sudah tidak ada lagi. Karena selain cost produksi yang mahal, sulit mengajak peragawati latihan koreografi lebih dulu sebelum manggung!” ungkap Ati Ganda

Fashion show dibuka dengan tari Bali, kemudian muncul karya Sasha dengan baju casual pas badan menggunakan kain khas Bali, baik tenun Rang Rang maupun Endek.

Sementara karya Quita yang juga diperuntukan untuk kaum milenial memunculkan busana dari tenun Garut juga lurik Jepara .

Pada bagian busana pria muncul ragam baju jas pria maupun baju casual yang slim fit . “Koleksi RMD memperlihatkan tenun dan songket nyaman digunakan oleh kaum pria untuk berbagai kesempatan!”

Karya busana Anna Mariana sendiri muncul di sesi akhir, memperlihatkan ragam busana hijab modern trend 2020. Semuanya dikemas dari kain tenun etnik dengan beragam corak dari sejumlah kawasan di Nusantara.

“Sentuhan modern di atas tenun nusantara, diperlihatkan dengan tambahan lace sparkling pada beberapa bagian, seperti yang dikenakan muse malam ini, Bunga Jelitha Ibrani dan Senk Lotta,” ujar Anna.

Ida Arimurti, Penyiar Radio Prambors era 80-an yang hadir di barisan penonton VIP, mengaku fashion show Anna Mariana sebagai pertunjukan spektakuler dan luar biasa.

“Udah jarang liat fashion show begini. Bukan hanya memperlihatkan busana indah, tapi juga ada pertunjukan tarian Bali, Dayak, Irian, juga tari Melayu yang kuat nunasa Islaminya. Terasa ada spirit untuk terus mencintai Indonesia dalam wastra maupun kesenian Indonesia! Luar biasa dan bagus sekali” ucapnya.

Sasha dan Wita

Dalam kesempatan tersebut Anna Mariana yanh baru kembali dari Ukraina bersama rombongan, juga memperkenalkan dua anak kembarnya, Sasha dan Quita yang kini juga mulai menekuni dunia mode.

Sasha dan Quita juga ikut bersama rombongan ke Ukrania sambil membawa rancangan mereka

“Ini merupakan pengalaman kedua memperkenalkan rancangan kami di luar negeri” kata Sasha.

Dalam keberangkatannya ke Ukraina, baik Sasha maupin Quita masing-masing membawa 20 rancangan mereka, yang lebih ditujukan untuk generasi milenial dan casual.

Selama ini Sasha dan Quita belajar merancang pakaian dari ibunya, di samping keduanya juga punya bakat dan minat.

“Alhamdulillah mereka punya bakat terpendam yang sudah diaplikasikan dan dirilis. Rencananya si kembar ini juga akan belajar fashion ke London, dan kelak belajar ilmu hukum juga,” kata Anna Mariana tentang kedua anak kembarnya.

Share This: