“Sing” Konser 30 Sekolah Musik Purwa Caraka

Purwa Caraka dengan sebagian siswa sekolah musiknya, menjelang Konser "Sing" di Gedung Kesenian Jakarta, Sabtu (21/7) - Foto: HW
_

Dalam rangka menyambut ulang tahun Purwa Caraka Music Studio yang ke-30 tahun, Purwa Caraka Music Studio Choir (PCMSC) menggelar scbuah konser yang bertajuk Sing! Konser diadakan di Gedung Kesenian Jakarta pada tanggal Sabu (21/7 2018) malam. Pada Konser ini, Purwa Caraka Music Studio Choir akan menyuguhkan lagu lagu yang bertemakan soundtrack film. Selain di Jakarta, puncak perayaan akan diadakan di Bandung, Oktober mendatang.

Purwa Caraka Music Studio Choir merupakan sebuah kelompok paduan suara yang dibentuk pada tahun 2007 yang terdiri dari siswa siswi Purwa Caraka Music Studio wilayah Jabodetabek yang telah melalui proses audisi.

PCMS Choir terdiri dari dua kelompok yaitu: PCMS Children Choir (usia 8 12 tahun) dan PCMS Youth Choir (usia 12 25 tahun). PCMS Choir merupakan kegiatan paduan suara yang dibina langsung oleh kantor pusat Puma Caraka Music Studio dan berlatih secara rutin setiap minggu serta aktif mengikuti kegiatan kegiatan lomba dan festival musik/paduan suara pada tingkat intemasional.

Pada Konser Sing l, terdapat 70 siswa Purwa Caraka Music Studio yang tampil baik Children dan Youth Choir. PCMS Children Choir dipimpin oleh conductor Jessica Fedora Amadea dan PCMS Youth Choir dipimpin oleh conductor Renno Krisna.

Gladi bersih Purwa Caraka Musik Choir menjelang konser di Gedung Kesenian Jakarta, Sabtu (21/7/2018) – Foto: HW

Pada Konser ini, Purwa Caraka Music Studio Choir juga mengundang beberapa paduan suara cabang Purwa Caraka Music Studio yaitu dari PCMS Cibubur, PCMS Kemang Pratama Bekasi, PCMS Ramamangun & PCMS Cempaka Putih.

Pada Bulan Juni 2017 yang lalu, Purwa Caraka Music Studio Children Choir tampil di Carnegie Hall, New York, Amerika Serikat bersama dengan Distinguished Singers International dalam acara DCINY Concert Series. Pada konser yang berjudul Song/Play ini Purwa Caraka Music Studio Children Choir membawakan sebuah komposisi baru karya Alberto Grau yang berjudul Fabula de La Avista Brava yang berdurasi 22 menit bersama 5 paduan suara.

Dalam kiprahnya, Purwacaraka Music Studio Choir telah menorehkan banyak prestasi. Antara lain Silver Diploma Aa Voyage Song Festival 2009 di Penang Malaysia, dalam kategori Foklore; Gold Diploma A Voyage Song Festival di Zhuhai, Cina tahun 2009 kategori Foklore; Children Choir Kategori Diploma C – Asia Cantate 2012 di Phuket Thailand, dan beberapa penghargaan lain dari dalam maupun luar negeri.

Berbicara tentang sukadukanya mendidik anak di sekolah musik, dalam wawancara sebelum konser Purwa Caraka mengatakan, tantangan saat ini semakin berat. Anak-anak sudah terbiasa melihat seseorang meraih sukses dengan cepat di bidang musik, tanpa melalui proses pendidikan yang panjang dan serius.

“Sekarang ini kan banyak orang sukses secara instan. Sementara di sekolah musik, anak-anak harus belajar musik dengan serius yang membuat mereka jemu,” katanya.

Purwacaraka terus berusaha memotivasi anak didiknya untuk tetap tekun belajar musik tanpa mengabaikan pendidikan di sekolah.

“Prinsipnya musik jangan sampai mengganggu sekolah, dan sekolah tidak mengganggu musik. Yang penting anak-anak enjoy menjalani keduanya,” tambah Purwa.

Saat ini Sekolah Musik Purwa Caraka sudah memiliki 180 cabang di seluruh Indonesia. Sebagai pendiri, dia terus memantau setiap sekolah musik miliknya walau tidak bisa setiap hari.

“Setiap tahun sewa ruko naik terus, saingan semakin banyak. Tetapi kita mau kehadiran kita bermanfaat buat masyarakat,” kata Purwa berbicara tentang sukadukanya mengelola sekolah musik.

 

Share This: