Ahmad Djauhar Tegaskan Selain Perusahaan yang Terverifkasi Wartawan Harus Terkualifikasi

Jpeg
_

Sebagai proses verifikasi perusahaan Pers Oleh Dewan Pers dan Serikat Perusahaan Pers (SPS), syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh perusahaan harus diimbangi dengan SDM di dalamnya. Dalam hal ini, Wartawan harus mengikuti UKW (Uji Kompetensi Wartawan) sebab Pers itu merupakan pekerjaan intelektual. “selain Media yang terverifikasi, wartawan juga harus ikut standarisasi karena salah satu syarat itu wartawan sudah ikut kualifikasi.” Kata Ahmad Djauhar.

Ahmad Djauhar menegaskan bahwa UKW merupakan salah satu syarat wajib bagi wartawan-wartawan baru. Melalui UKW akan terukur bagaimana kemampuan wartawan seperti apa, “wartawan yang sering ikut aja masih sering terjadi miss.” jelasnya. Bahwa dengan UKW para wartawan dapat memamhami tata cara pengolahaan media yang benar.

Saat ini UKW sudah banyak lembaga yang bisa mengeluarkan kompetensi wartawan. Ada 29 lembaga yang bisa mengeluarkan UKW, seperti AJI, jadi bisa saja untuk mengajukan UKW untuk perusahaannya.

Ia juga menghimbau kepada media apapun yang penting bisa memenuhi persyaratan dari Dewan Pers. “dia otomatis akan mempunyai perlindungan hukum, jika sudah terverifikasi”

Untuk para wartawan yang sering melakukan pelanggaran berupa hoax, seperti memuat berita bohong, berita-berita yang tidak terverifikasi maka Dewan pers berhak mencabut verifikasinya.

Share This: