Aksi Tangkap Tangan Buang Sampah Sembarangan, Denda Maksimal 500 Ribu

Jpeg
_

Dinas kebersihan dan Lingkungan Hidup melakukan aksi tangkap tangan bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Aksi ini dilakukan di sepanjang jalan car free day, Sudirman pada Minggu 29 Januari 2017.

“Kita lakukan hari ini, terhadap mereka yang membuang sampah tidak pada tempatnya.” Ungkap Kabid Pengawasan dan Penataan Hukum Dinas Lingkungan Hidup DKI Mudarisin.

Kegiatan ini sudah lama dilakukan oleh Dinas Kebersihan untuk menjaga kebersihan di sekitar area Jakarta. Aksi tangkap tangan ini juga bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup. “Kalo untuk mulainya sudah lama dari Dinas Kebersihan, dan untuk Dinas Lingkungan Hidup Mulai hari ini.”

Berdasarkan PERDA No 3 Tahun 2013, ada tiga sanksi yang diberlakukan untuk masyarakat yang melakukan pelanggaran berupa, uang paksa antara 100-500 ribu. Lalu, ada sanksi sosial untuk yang tidak mampu, pelanggar harus memungut sampah dari pos hingga bundaran HI. Sanksi ketiga, untuk anak-anak yang melanggar tetap di denda, dengan membacakan pancasila di depan umum.

“Kita ada 70 personil turun ke lapangan, untuk menyisir seputar kawasan car free day sudirman. Untuk yang melanggar langsung di bawa ke pos untuk dilakukan penindakan.” Tambahnya.

Aksi ini akan terus dilakukan secara berlanjut di kawasan carfreeday dan juga hari-hari biasa dengan melakukan penyisiran sepanjang jalanan ibukota.

Share This: