Andi Narogong, Beri Uang Untuk Anas Menangkan Kursi Ketua Umum Demokrat

_

Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M. Nazaruddin mengungkapkan,  uang yang diterima oleh Ketua Fraksi Demokrat Anas Urbaningrun sebesar Rp20 Miliar dari Rp.500  dialokasikan untuk  pemenangannya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat tahun 2010.

Uang sebesar Rp.20 miliar itu diserahkan kepada staf di fraksi Demokrat untuk bayar hotel, dan untuk acara pertemuan di Hotel Sultan tempat penyelenggaraan kongres untuk pemenangan Anas Sebagai Calon Ketun Partai Demokrar saat itu.

“Waktu itu mas Anas ada perlu untuk  mencalonkan jadi Ketum Partai Demokrat, Andi bantu uang untuk itu. Pertama ada komitmen yang disepakati sekian persen, totalnya hampir sekitaran Rp.500 Miliar,” ungkap Nazar dalam sidang e-KTP di Pengadilan Tipikor, Senin (3/4/2017).

Uang sebesar Rp 500 Miliar tersebut kata Anas dibagikan dalam bentuk dolar dan rupiah, dan dibagi dalam tiga  tahap.

“Kasihnya by progres. Saat itu Mas Anas lagi butuh uang sebesar Rp.20 Miliar. Uang itu untuk dibagikan dalam rangka untuk pemenangannya sebagai calon ketum Demokrat ,” bebernya.

Menurut Nazaruddin,  uang sebesar Rp.20 miliar tersebut merupakan bagian dari Rp. 500 Miliar yang dijanjikan oleh Andi Narogong kepada Anas Urbaningrum.

Tak hanya sampai di situ dirinya juga mengutarakan bahwa dalam kasus ini juga pada tahun 2010 ada juga pemberian uang sebesar US$ 3 juta yang juga merupakan bagian dari uang sebesar Rp500 Miliar tersebut.

“Waktu itu penyerahan ketemu. Ada saya, Anas, Andi. Uangnya disuruh diserahkan. Terus ketemu lagi sama Andi dan cek ke Fahmi (orang kepercayaan Anas),” tambahnya.

Nazaruddin mengaku melihat secara langsung dan ikut serta dalam pembicaraan pembagian “jatah” yang dilakukan oleh Andi kepada pimpinan Banggar, sebesar USD 1juta dan USD 500.000 kepada fraksi untuk memuluskan anggaran proyek e-KTP.

 

Share This: