Anies Mengantar Sandiaga Lapor Kekayaan ke KPK

_

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 3, Anies Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno Selasa (21/3/2017) siang datang ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memberikan Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Anies dan Sandi tiba di Gedung KPK pada pukul 12.59 WIB dan keluar pada pukul 13.15 WIB. Anies menyebutkan bahwa hari ini dirinya hanya mengantarkan Sandiaga untuk melaporkan LKHPN terbaru.   Sandi adalah pasangannya Anies sebagai calon wakil Gubernur DKI .

Menurut Anies, pada laporan Sandi dalam  beberapa bulan ini kemarin ada perubahan. Sebagai warga negara dan Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur keduanya menginginkan agar tata kelola pemerintahan lebih baik.

“Semangat kita adalah semangat untuk bebas dari korupsi, bebas dari segala macam potensi masalah. Kami ingin  memulai tradisi ini.  Ketika ada perubahan dilaporkan. Dan alhamdulillah hari ini kita diterima dengan baik,” kata Anies.

Sandi menambahkan,  pelaporan yang dilakukannya hari ini terkait naiknya surat-surat berharga, yang kebetulan dicatatkan sebagai investasi yang sudah dilakukannya sebelum memulai usaha. Dan kedua terkait pengeluaran dana kampanye selama 3 bulan sampai 31 Desember 2016 kemarin.

“Untuk jumlahnya nanti biar teman-teman di KPK dan KPUD yang akan memberikan. Saya tentunya dengan saran dari pak Pandu dan teman-teman untuk terus mengedepankan transparansi, full disclosure dan nothing to hide. Kami menyerahkan laporan ini ke pak Cahya sebagai direktur LHKPN,” beber Sandi.

Keduanya menegaskan, ingin  keuangannya di Jakarta dikelola  dengan baik. Bukan hanya akan ditingkatkan tata kelola keuangan Pemda, tapi juga transparansi dalam penggunaan dana-dana CSR, dari sisi prosesnya sampai penggunaannya.

“Kita ingin Jakarta jadi contoh panutan tata kelola yang baik, transparansi dalam kelola keuangan dan akuntabilitas yang baik. Itu yang kita ingin smpaikan dari sini kita mulai langkah itu. Jadi bukan nanti ketika sebelum dilantik,” tegas Anies.

.”Kita lakukan itu, bahkan laporan keuangan kita Alhamdulillah mendapat status WTP,” ia menambahkan.

Sebelumnya  Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menjelaskan, ada info Anies dan Sandi datang bersama tim untuk laporan LHKPN.

“Kita akan liat tujuan kedatangan tersebut dan akan dengar apa mereka yang disampaikan. Kami harus lihat itu konteks laporan apa, ini kan proses putaran kedua, mereka sudah pernah melaporkan kekayaan sebelumnya,” ungkap Febri di Gedung KPK.

 

Share This: