Artis yang Tersangkut Narkoba Harus Diberi Sanksi Sosial!

_

Artis merupakan figur publik yang tingkah lakunya kerap diikuti oleh masyarakat, terutama penggemarnya. Jika tingkah lakunya positif tentu sangat baik untuk diikuti. Tetapi bagaimana bila yang dilakukannya perbuatan negatif?

Tio Pakusadewo

Oleh karena itulah, apabila ada artis yang melanggar hukum seperti terjerat kasus pemakaian narkoba, hukuman pidana saja tidak cukup, tetapi harus juga diberi sanksi sosial.

Aktor senior Soultan Saladin menyampaikan hal itu menanggapi kabar tertangkapnya lagi aktor senior Tio Pakusadewo, karena memakai narkoba, baru-baru ini.

“Artis yang tertangkap karena penggunaan narkoba, bukan hanya harus dihukum sesuai dengan UU Pidana, tetapi juga perlu diberi sanksi sosial. Misalnya tidak boleh main film, sinetron atau kerja di dunia entertainment, minimal lima tahun. Ini untuk menimbulkan efek jera, sehingga masyarakat tidak mengikuti kebiasaan buruk sang artis,” kata Soultan Saladin, Rabu (15/4/2020).

Soultan melihat, pemakaian narkoba menjadi modus yang digunakan sejumlah artis untuk mengkatrol namanya, agar diingat lagi oleh masyarakat. Narkoba digunakan karena banyak artis yang merasa, hukumannya ringan – kebanyakan direhabilitasi – sehingga dalam waktu yang singat sudah bisa aktif lagi di dunia entertainment.

“Memang aneh hukum di negara kita. Rata-rata artis yang memakai narkoba hanya direhabilitasi. Cuma awalnya saja heboh ketika ditangkap. Tetapi setelah masyarakat lupa, tidak lama lagi sudah berkeliaran di luar. Maka tidak heran jika kemudian ada yang tertangkap lagi dalam kasus serupa. Jadi apanya yang direhabilitasi?”

Saladin juga meminta kepada aparat, agat tidak tebang pilih dalam melakukan tindakan hukum. Artis atau siapapun, kalau memang tertangkap memakai narkoba, yang dihukum saja secara maksimal. Jangan karena artis hukumannya ringan, tetapi kalau masyarakat biasa, apalagi orang-orang kecil, dijebloskan ke penjara dengan hukuman yang berat.

“Justru hukuman terhadap artis yang memakai narkoba itu harus lebih besar. Karena mereka figur publik, jadi panutan, dan tingkah lakunya suka ditiru. Kalau artis dihukum ringan kan masyakarat juga jadi berpikir, ternyata menggunakan narkoba itu hukumannya ringan. Jangan sampai terjadi seperti itu dong!”

Seperti diberitakan, aktor senior Tio Pakusadewo kembali tertangkap karena menggunakan narkoba. Ini merupakan kedua kalinya Tio ditangkap, setelah sebelumnya ia ditangkap di rumahnya, di Jalan Ampera I pada Minggu 17 Desember 2017 lalu.

Tidak seperti saat tertangkapknya yang terkesan heboh, tidak lama kemudian Tio sudah bebas lagi. Dan saat ini sedang menyelesaikan pembuatan film “Lantai 4”.

 

 

 

 

 

 

Share This: