Bali dan Jawa Timur Raih Posisi Pertama di PPTSI 2019

Pemenang PPTSI 2019 diapit oleh Penggagas PPTSI Prof. DR. Anna Mariana, SH, MBA dan suami, Tjokorda Ngurah Agung Kusumayudha, SH, MS, MSc (Foto-foto: Dudut Suhendra Putra)
_

Wakil dari Provinsi Bali,

Kadek Kadin ke luar sebagai Pemenang I untuk kategori Putra dan
Amel Barack (Jawa Timur ) menjadi Juara I kategori Putri dalam Pemilihan Putra Putri Tenun Songket Indonesia 2019 (PPTSI 2019).

Grand Final PPTSI 2019) berlangsung meriah di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu malam, 21/122019. Ratusan penonton hadir memberi dukungan kepada 30 finalis dari 30 daerah provinsi di Indonesia

Ajang PPTSI 2019 yang diselenggarakan Yayasan Cinta Budaya Kain Nusantara (CBKN), Komunitas Tekstil Indonesia (KTTI) dengan kerabat kerja Rumah Kreasi Indonesia Hebat dan Forum Silaturahmi Keraton Nusantara ini, bakal mencatat sejarah baru dalam dalam dunia beauty pageant Indonesia.

“Karena baru lewat ajang inilah, panitia sepakat memilih dan menilai peserta bukan hanya pada kepandaian secara umum, namun juga melihat pada minat dan perhatian kaum milenial pada pelestarian sekaligus pengembangan wastra nusantara, terutama songket dan tenun,” kata Anna Mariana, perancang dan penggagas acara ini.

Ketua Dewan Juri Dra. Tika Bisono, MPsiT menyebut penilaian pada 30 pasang peserta dari 30 propinsi di Indonesia ini, dititik beratkan selain pada kecerdasan peserta, dilihat pula bahwa finalis harus punya ambisi, berkepribadian baik, interpersonal baik, punya karakter bangga saat memakai songket dan tenun.

“Si pemenang harus mempunyai visi ke depan dan mau ngapain dengan tenun dan songket, harus punya ambisi, punya kemampuan berdealing dengan pemerintah dan harus sangat bangga pada dirinya sendiri,” kata Tika

Duduk sebagai juri, Tika didampingi sejumlah tokoh antara lain, Jacky Mussry (Deputy Chairman – MarkPlus, Inc), Rahma Alia ST – Managing Director PT Acinti Prima & Putri Indonesia Pariwisata Tahun 2005, Ati Ganda– Director Studio 26 Artlink, Sjahriati Rochmah (Wkl. Ketua Yayasan Cinta Budaya Kain Nusantara), Wilda Oktaviana Situngkir (Putri Indonesia Pariwisata 2018).

PPTSI 2019 diadakan untuk menjaga warisan budaya Nusantara (wastra) berupa tenun dan songket yang sudah dibuat oleh pengrajin-pengrajin di Nusantara sejak ratusan tahun lalu.

Menurut Ketua Paguyuban Kraton Nusantara Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon,  Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, ajang pemilihan putra-putei tenun seperti PPTSI 2019 ini sangat penting, untuk menjaga kelestarian warisan leluhur.

“Karena kita tahu generasi muda sudah tidak meninggalkan pakaian dengan bahan-bahan tenun dan songket. Mudah-mudahan dengan adanya ajang ini generasi muda akan tertarik,” kata Pangeran Arief.

Asisten Deputy Kemendagri H. Nurcahya Murni dalam sambutannya mengapresiasi penyelenggara PPTSI 2019. Untuk membudayakan pemakaian songket di kalangan aparatur sipil negara (ASN), menurutnya harus ada keputusan yang lebih tinggi dari perintah Mendagri.

“Harus ada Keputusan Presiden, agar ASN bisa mengenakan tenun dan songket minimal sekali dalam seminggu. Kalau ada Keppres mungkin akan ada subsidi supaya harga tenun dan songket terjangkau dan bisa dipakai oleh ASN setiap minggu,” katanya.

Nama-nama Pemenang 

Kategori Putra.
Juara 1 Kadek Kadin (Bali)
Juara 2 Arya Purnama (Riau)
Juara 3 Andika Pratama (Sulawesi Tenggara)
Juara Harapan 1, Yosie Kristanto (Jawa Timur)
Juara Harapan 2 Jonathan Jo Handoko (DKI Jakarta)
Juara Favorite (berdasarkan Like Instagram) Deola Adene (Bengkulu) dengan 308 likes

Kategori Putri:
Juara 1 Amel Barack (Jawa Timur )
Juara 2 Ni Kadek (Bali)
Juara 3 Julia Ratih Gita Dwiyana (Sumatra Utara)
Harapan 1 Wirda Sheren Rehina (DI Yogyakarta )
Harapan 2 Reva Pradisti (Kalimantan Tengah)
Juara Favorite (berdasarkan Like Instagram) Aqisah Zaqila dari Sumatra Selatan dengan 399 likes

Pemenang pertama kategori Putra dan Putri memperoleh sebuah mobil dengan uang cash masing masing @ Rp 25.000,000, Piala dan sertifikat.

Sementara Juara 2 Putra & Putri meraih hadiah Sepeda Motor, uang cash sebesar @ Rp 15,000,000, Piala dan Sertifikat
Juara 3 Putra & Putri : meraih sepeda motor, uang cash @ Rp 7.500,000 Piala dan Sertifikat

Juara Harapan I : meraih hadiah uang cash senilai @Rp 7.500,000
Juara Harapan II : meraih hadiah uang cash sebesar @ Rp 3.500,000

Sedangkan juara favorite masing-masing mendapat hadiah hiburan.

Share This: