Banyuwangi Awali Perhelatan Parfi Award

_

Banyuwangi menjadi kota pertama kegiatan Road Show PARFI AWARDS 2020 dengan menggelar beragam acara, salah satunya ‘Ghost Mania Festival’.

Acara yang berlangsung meriah serta disambut antusias masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya itu digelar di A&R Fashion Store, Banyuwangi pada Minggu (12/01/2020) itu hasil kolaburasi PARFI dengan Lembaga Bintang Cinema Production Banyuwangi (LBCPB) yang dipimpin Bambang Harjito, SE, M.Si.

Hadir di acara ini sekaligus membuka acara, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Choliqul Ridha, mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi.

Juga memberi sambutan, Ketua Dewan Kesenian Blambangan (DKB), dr. Taufik Hidayat, SPAnd, Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi, Marifatul Kamila, SH, serta seniman dan budayawan, Punjul Ismuwardoyo, S.Sn, selaku Ketua Panitia Acara.

Acara ini juga menghadirkan aktris dan aktor senior Yatti Surachman dan Ozy Syahputra serta budayawan Banyuwangi, H. Abdullah Fauzi, dan Suhaeri, M.Pd, sebagai narasumber dalam acara dialog interaktif bertema, ‘Film Mistik dan Praktik-pratik Supranatural Dalam Perspektif Kebudayaan Tradisional Indonesia’.

Tak kalah seru adalah kegiatan workshop seni rupa film dan lomba tata rias karakter yang diikuti ratusan pelajar dan mahasiswa. Workshop dengan tema “Artistik Film Dalam Perspektif Cerita Dongeng, Legenda, dan Mitos Budaya Indonesia” ini menghadirkan profesional tata rias karakter, Oppa Adams, sebagai tutor.

Eddie Karsito, selaku Ketua Bidang Acara PARFI AWARDS 2020, menjelaskan bahwa kegiatan Ghost Mania Festival, adalah perayaan komunitas penggemar cerita-cerita misteri. Ajang aksi, kreasi dan hobby; penuh energi; semangat. Menafsirkan, dan mengekspresikan berbagai bentuk makhluk gaib dalam perspektif yang berbeda, sesuai budayanya.

“Acara ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran bagi generasi muda, tentang proses pembuatan film — yang bukan saja bernilai artistik, tetapi juga mampu menjadi ekspresi kultural multi dimensi. Menempatkan film sebagai ekspresi kultural dengan sifatnya yang mendidik, informatif dan menghibur,” ujarnya.

Eddie menjelaskan, kreasi para seniman yang ditampilkan di acara tersebut tidak bermaksud merendahkan budaya tertentu, melainkan murni sebagai ekspreasi karya seni yang justru ingin mengangkat dan lebih mempopulerkan khasanah budaya, salah satunya ikon Kabupaten Banyuwangi, yaitu ’Gandrung’.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, M. Yanuar Bramuda, menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan PARFI dan LBCPB. “Kami menyambut baik, mendorong dan mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini di Banyuwangi,” paparnya.

Parfi Award diselenggarakan oleh Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) akan menggelar PARFI AWARDS 2020 dengan tema “Film Indonesia Karya Budaya Inspirasi Bangsa”. Malam puncaknya akan digelar pada 10 Maret 2020 di Prime Plaza Hotel, Sanur, Bali, dengan mengusung konsep “Etnik, Unik dan Metafisik”.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara PARFI AWARDS 2020, Firman Nurjaya, bahwa kegiatan ini dapat menjadi sarana transformasi kebudayaan berbasis potensi anak muda yang terampil dan kreatif serta memiliki kompetensi global dan tumbuh berdasarkan potensi multikultural bangsa.

”Strategi inilah selayaknya tersosialisasi dan dapat menjadi panduan serta memiliki skala prioritas bagi masyarakat kita. Menjadi inspirasi yang mengilhami, meneladan, dan menggerakkan hati untuk mencipta, dengan berbagai karya luhur yang memiliki kearifan,” kata Firman.

Terselenggaranya PARFI AWARDS 2020 berkat dukungan banyak pihak, baik dari pemerintah, swasta dan para stake holder perfilman nasional. PT. Intaro Holding Company merupakan pihak swasta yang mendukung penuh acara ini.

Menurut Ceo PT. Intaro Holding Company Gde Laksananta Sandiyasa Arsada, film merupakan medium strategis untuk mengenali budaya suatu bangsa. Belum ada medium lain yang bisa menyamai kemampuan film dalam mengekspresikan realitas, termasuk realitas budaya dan identitas kebangsaan.

Selain di Banyuwangi, Road Show akan dilakukan di 9 kota lainnya.

 

Share This: