Bersama LKB Anna Mariana Bertekad Lestarikan Budaya Betawi

_

Disainer kain songket dan tenun tradisional Anna Mariana tak pernah berhenti berinovasi dan mengembangkan kreasi.

Keperduliannya terhadap budaya Betawi juga sangat tinggi. Pemilik rumah butik Marsha dan pembina penenun tradisional ini juga duduk di Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Tujuannya adalah untuk melestarikan Budaya Betawi dan meningkatkan kesejahteraan seniman maupun masyarakat Betawi.

“Sebenarnya LKB punya misi melestarikan dan mengamankan budaya tradisonal Betawi. Sekaligus memberdayakanpelaku seninya secara professional. Ini dilakukan guna meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya,” kata Bendahara Umum LKB, Anna Mariana di studio TVRI kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Menurut Anna, Jakarta sebagau ibukota negara merupakan tempat berkumpulnya budaya dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.

Jika masyarakat Betawi tidak mau turun tangan merawat budayanya, dikhawatirkan Budaya Betawi akan terus tergerus, dan kelak akan punah.

“Kalau bukan kita siapa lagi yang bakal melestarikan budaya Betawi,” kata Anna.

Baginya Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), sebuah organisasi yang berada di bawah Badan Musyawarah Betawi (Bamus Betawi) yang berusaha konsisten menjaga keutuhan di segala bidang.

Anna Mariana yang baru-baru ini merilis tenun dan songket khas Betawi sangat mendukung masyarakat Betawi yang kurang mampu supaya dalam bekerja bisa terarah.

“Intinya kita akan buka pelatihan khusus untuk penenun di Setu Babakan. Nantinya, hasil hasil karya mereka kita beli, sehingga mereka memiliki ketrampilan dan penghasilan,” terangnya.

Ketua LKB, Yoyok Muchtar menambahkan selama ini pihaknya bangga dengan kehadiran Anna Mariana yang banyak membantu kebudayaan Betawi.

“Insya Allah ke depannya banyak agenda yang bakal kita persiapkan. Mulai dari kuliner Betawi, musik Betawi, tarian Betawi dan lainnya,” katanya

 

Share This: