Bioskop Dakota Cinema Kroya Dibuka

Djonny Sjafruddin, SH (tengah) dan Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman.
_

Masyarakat Kota Kroya, Kabupaten Cilacap tidak perlu pergi jauh lagi untuk menonton bioskop. Sejak Rabu (26/12/2018) telah dibuka sebuah bioskop baru bernama Dakota Cinema. Bioskop tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rahman yang didampingi oleh pemiliknya H. Djonny Sjarifuddin, SH.

“Saya melihat antusiasme masyarakat Kroya sangat tinggi dengan adanya bioskop ini. Mereka menyambut gembira karena tidak lagi perlu jauh-jauh ke Purwokerto atau Ajibarang untuk menonton,” kata Djonny Sjarifuddin yang masih dalam perjalanan di kereta api dari Kroya menuju Jakarta.

Bangunan Bioskop Dakota Cinema Kroya merupakan bekas bioskop New Sena yang berdiri di Jl. Yos Sudarso, Cilacap. Hanya bagian depannya saja yang dibangun baru, dan disesuaikan dengan disain bioskop modern, sehingga di bagian depannya selain terdapat tempat penjualan tiket, juga sebuah counter untuk penjualan minuman dan pop corn.

“Konter pop cornnya sama dengan bioskop-bioskop di kota besar, menggunakan jagung impor yang rasanya memang pas untuk pop corn,” ungkap Djonny yang juga dikenal sebagai Ketua GPBSI (Gabungan Pengelola Bioskop Indonesia) itu.

Rencananya bioskop ini memiliki tiga layar. Namun dalam pembukaan kemarin, baru dua layar yang sudah siap, sedangkan satu layar lainnya masih dikerjakan. Layar yang digunakan berkukuran 9 X 4,5 meter.

Bioskop Dakota Cinema mematok tiket seharga Rp.25 ribu untuk hari biasa, dan Rp.30 ribu untuk weekend. Sementara tiap hari berlangsung empat kali pertunjukkan. Untuk pelayanan tiket dilakukan secara komputerais.

Mengenai besarnya harga tiket, Djonny Sjarifuddin menjelaskan, tidak terlalu mahal buat masyarakat Kroya, mengingat pertumbuhan ekonomi di kota kecamatan itu cukup baik.

“Kroya merupakan penghasil jamu untuk nasional, dan banyak TKW Indonesia yang berasal dari sini. Jadi kemampuan ekonomi masyarakat di sini cukup baguslah,” ujarnya.

Dakota Cinema Kroya merupakan bioskop ketiga yang dibuka oleh jaringan bioskop Dakota. Sebelumnya jaringan ini telah memiliki bioskop di Cilacap, Jawa Tengah dan Sengkang, Sulawesi Selatan.

Bersama rekan bisnisnya Julius Lianto, rencananya Djonny Sjarifuddin dengan nama bendera bioskop Dakota Cinema juga akan membuka bioskop baru di Rancaekek Bandung, Majenang dan Purbalingga, Jawa Tengah.

“Yang di Rancaekek tidak lama lagi akan dibuka. Memang agak terlambat, karena terkendala perijinan. Tapi sekarang sudah beres,” kata Djonny.

Kehadiran bioskop di Kroya, selain memberi hiburan bagi masyarakat, menghidupkan suasana kota, juga memberi peluang kerja bagi masyarakat.

Djonny Sjarifuddin, SH (tengah berkacamata) bersama Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman (kanan) dan Yulius (paling kanan)

“Sembilan puluh lima persen karyawan di sini warga lokal yang kita didik. Ternyata mereka mampu bekerja sesuai standar karyawan bioskop,” kata Djonny mengakhiri pembicaraan di telepon.

 

Share This: