Cek Kesiapan Angkutan Lebaran 2017, Menhub Tinjau 2 Stasiun

_

Lebaran selalu menjadi perhatian pemerintah. Hal itu terkait kebiasaan masyarakat pulang mudik, yang membutuhkan sarana dan prasarana angkutan memadai.

 

Guna mengeahui kesiapan angkutan menjelang lebaran tahun 2017 ini, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan kesiapan Angkutan Lebaran 2017 di Stasiun Senen dan Stasiun Gambir Jakarta.

Turut mendampingi Mehub Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto, Dirjen Perkeretaapian Prasetyo Boeditjahjono, Kepala BPTJ Elly Adriani Sinaga dan Jajaran Eselon II di Kementerian Perhubungan.

“Tadi saya bertanya kepada penumpang bagaimana pembelian tiket, pelayanan dan fasilitas dari PT. KAI. Rata-rata  mereka membeli tiket melalui online karena lebih mudah dan cepat. Yang kedua terkait fasilitas, penumpang berkomentar baik. Jadi saya mengapresiasi PT. KAI yang sudah menjalankan tugasnya dengan baik, saya harapkan kedepannya harus ditingkatkan pelayanannya menjadi lebih baik,” jelas Menhub di Stasiu Senen, Jakarta, Jumat (14/4/2017).

Dalam kunjungannya ke dua stasiun tersebut, Menhub mendengarkan penjelasan dari EVP Daerah Operasi 1 Jakarta John Roberto, terkait rencana operasi angkutan lebaran di Daop 1 Jakarta.

“Saya minta kepada PT.KAI untuk menambah jumlah perjalanan kereta saat lebaran nanti, dan harus ada kepastian, jangan sampai  kekurangan angkutan lebaran,” tegas Menhub.

 

Menurut data, jumlah keseluruhan kereta api harian untuk angkutan lebaran pada Daop 1 Jakarta berjumlah 67 kereta api. Jumlah itu terdiri atas  KA reguler harian sebanyak 52 kereta api. dan KA tambahan sebanyak 15 kereta api.  Total keseluruhan tempat duduk yang tersedia mencapai 50.282, masing-masing 41.778 tempat duduk untuk KA reguler dan 8.504 tempat duduk untuk KA tambahan.

 

PT.KAI menetapkan puncak arus mudik pada tanggal 22 Juni 2017 (H-3), dengan jumlah prediksi penumpang sebanyak 17.584 di Stasiun Gambir, dan 33.210 penumpang di Stasiun Pasar Senen.

Dalam kesempatan tersebut Menhub sempat mengecek langsung Posko Pendaftaran angkutan motor gratis (motis) dengan kerata api, untuk lebaran tahun 2017 ini.

Menurut PT.KAI, jumlah motis yang sudah mendaftar  sebanyak 13.423,  dari total kapasitas 18.096 motor, dan penumpang pemilik motor sebanyak 25.244 penumpang dari total kapasitas penumpang sebanyak 40.704 orang.

Selesai meninjau Stasiun Pasar Senen, Menhub langsung menuju Stasiun Gambir untuk memantau kelancaran arus penumpang pada saat long weekend (libur panjang). Di Stasiun Gambir, Menhub sempat berdialog dengan beberapa penumpang yang sedang menunggu keberangkatan.

“Kita harus melihat ini sebagai suatu bentuk evaluasi, dimana volume  penumpang pada hari libur atau saat long weekend penuh sekali,” kata Menhub.

Menhub berpesan agar PT.KAI agar melakukan ramp check terhadap sarana dan prasarana yang akan digunakan, pada saat lebaran nanti.

“Saya juga berpesan agar PT.KAI melakukan ramp check terhadap kereta dan jalur kereta supaya perjalanan aman dan selamat pada saat lebaran. Harapan saya semua berjalan dengan lancar,” ujar Menhub.

 

Share This: