“Cek Toko Sebelah” Belum Berhenti Berlari.

_

Sudah sepuluh bulan meninggalkan bioskop, film Cek Toko Sebelah masih saja jadi perbincangan, dan tetap mewarnai dinamika perfilman nasional. Minggu (22/10/2017) kemarin, film karya Ernest Prakasa ini terpilih sebagai Film Terpuji Festival Film Bandung, dan Ernest sendiri mendapat penghargaan sebagai Sutradara Terpuji.

Sebelum FFB, film yang juga dibintangi oleh Ernest Prakasa, Ardinia Wirasti dan Dion Wiyoko ini mendapat predikat sebagai film
Film ini juga masih mungkin mendapat penghargaan dalam ajang Indonesia Box Office Movie Award (IBOMA) yang diselenggarakan SCTV.

Film ini masih mungkin mendapat penghargaan bergengsi lainnya, yakni dari Festival Film Indonesia 2017, mengingat film ini menempatkan 10 Nominasi dallam FFI 2017 ini. Ibarat pelari, film ini belum berhenti berlari.

Dalam FFB kemarin, khusus untuk Erneat ada dua penghargaan yang diperoleh, yakni sebagai Sutradara Terpuji dan Penulis Skenario Terpuji Film Bioskop.

“Aku persembahkan penghargaan untuk semua kru dan pemain, ini tanpa mereka cuma jadi naskah kosong juga,” kata Ernest saat ditemui dalam pengumuman pemenang Festival Film Bandung 2017, di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat, Minggu (22/10/2017).

Menurut Ernest, para kru dan pemainlah yang membuat skenario yang ditulisnya menjadi hidup.

“Skenario itu hanyalah naskah di atas kertas, tetapi yang bikin hidup para pemain dan kru,” ucap Ernest yang juga menjadi pemeran utama film Cek Toko Sebelah.

Cek Toko Sebelah adalah sebuah film yang sukses secara komersial maupun dalam pencapaian artistik. Dalam peredaran di bulan Januari 2017 lalu, film ini telah meraih lebih dari 2,5 juta penonton.

Jumlah penonton Cek Toko Sebelah tiga kali lipat dari jumlah penonton film Ernest sebelumnya, Ngenest. Meski begitu, Ernest tidak lantas memandang Cek Toko Sebelah lebih bagus daripada Ngenest. Bagaimana pun, Ngenest yang “hanya” ditonton 785 ribu orang itu berhasil membawa pulang banyak piala.

“Yang masih menjadi tanda tanya saya, apakah Cek Toko Sebelah bisa mendapat banyak penghargaan dari berbagai festival film sama seperti Ngenest dapat tujuh penghargaan dari empat festival berbeda?,” kata Ernest Prakasa.

Acara puncak Festival Film Bandung (FFB) 2017 sendiri telah berlangsung di Studio 6 Emtek City, Jln. Daan Mogot, Jakarta Barat, Minggu siang, 22 Oktober 2017. Berikut daftar lengkap pemenang FFB 2017:

Kategori Film Bioskop Terpuji
1. Film Bioskop : “Cek Toko Sebelah”
2. Pemeran Utama Pria : Chicco Jerikho (“Filosopi Kopi 2: Ben & Jody”)
3. Pemeran Utama Wanita : Adinia Wirasti (“Critical Eleven”)
4. Pemeran Pembantu Pria : Ganindra Bimo (“Moammar Emkas Jakarta Undercover”)
5. Pemeran Pembantu Wanita : Djenar Maesa Ayu (“Kartini”)
6. Sutradara : Lucky Kuswandi (“Galih & Ratna”)
7. Penulis Skenario : Ernest Prakasa (“Cek Toko Sebelah”)
8. Editing : Kelvin Nugroho & Sentot Sahid (“Night Bus”)
9. Kamera : Yudi Datau (“Surat Kecil Untuk Tuhan”)
10. Artistik : Deki Yudhanto (“Istirahatlah Kata-kata”)
11. Penata Musik : Tya Subiakto (“Mooncake Story”)

Kategori Film Televisi Terpuji
1. Film Televisi : “Kurang Garam”
2. Pemeran Pria : Dimas Aditya (“Bukan Tanah Air Beta”)
3. Pemeran Wanita : Tyas Mirasih (“Jangan Remehkan Istri Berdaster”)
4. Sutradara : Azhar Kinoi Lubis (“Dangdut is My Dream”)
5. Penulis Skenario : Lintang Pramudya Wardhani (“Anak-anak Merah Putih”)

1. Serial Televisi : “Dunia Terbalik”
2. Pemeran Pria : Arbani Yasiz (“Roman Picisan the Series”) dan Donny Michael (“Berkah Cinta”)
3. Pemeran Wanita : Cut Meyriska (“Putri Titipan Tuhan”).***

 

Share This: