Chicco Jerikho dan Anggi Umbara Jadi Juri Police Movie Award ke-5

_

Aktor film Chicco Jerikho, dan sutradara Anggy Umbara, animator karakter komik ‘Si Juki’ Faza Ibnu Ubaidillah dan Brigjen. Pol. Drs. Rikwanto, ditunjuk sebagai Juri Police Movie Award (PMA) yang diadakan untuk kelima kalinya.

Foto: Ydew

“Saya senang lembaga kepolisian ikut serta peduli tentang perfilman Indonesia sebuah wacana yang harus di-support,” ujar sutradara film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 dan 2 Anggy Umbara.

.Anggy juga berharap para peserta bisa menampilkan realitas yang terjadi di masyarakat.

PMA merupakan sebuah ajang tahunan persembahan Kepolisian Republik Indonesia, untuk merangkul para sineas dari seluruh Indonesia dalam berkreasi mennghasilkan karya film pendek.  Ajang inj menjadi salah satu bentuk kepedulian Kepolisian RI terhadap Industri Kreatif di Tanah Air dan juga terhadap perfilman Indonesia.

Ajang ini juga dimaksudkan untuk melanjutkan marwah negara kesatuan indonesia yang masyarakatnya terkenal dengan santun, ramah tamah dan suka tolong menolong yang dituangkan dalam bentuk kekinian.

Dengan mengangkat tema “Humanisme” dengan tetap bernuansa Kepolisian RI ini dimaksudkan untuk menggaet para sineas muda perfilman Indonesia guna menggali kreativitas dan berkompetisi untuk menyajikan film pendek yang berdurasi 5-7 menit dan Film Animasi yang berdurasi 3 menit.

“Maksud dari acara Police Movie Award yang ke 5 ini, supaya Kepolisian bisa lebih dekat dengan masyarakat. Dan juga sebagai wadah bagi anak bangsa mempunyai wadah untuk menuangkan kreatifitasnya dalam dunia perfilman,” kata Brigjen Pol. Drs. Rikwanto,S.H, M.Hum, Senin (23/4) di kawasan Jakarta Selatan.

Para sineas juga diberikan kesempatan untuk berimajinasi seluas-luasnya untuk menghasilkan karya pendek, namun tetap mengacu pada sisi kemanusiaan, tanpa adanya unsur SARA serta boleh mengkritisi namun tetap membangun. Tentu saja lebih menekankan sudut pandang cerita pada sisi humanisme yang dimiliki Kepolisian, seperti halnya sosok aparat yang peduli, melindungi, menghargai, dan bisa menjadi sahabat bagi masyarakat.

 

Saat ini, pendaftaran sudah dibuka dan akan ditutup pada 5 Juni 2018. Nantinya akan dipilih 10 finalis dari masing-masing kategori untuk memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah.

Ada yang istimewa dari kejuaraan pada tahun ini dimana selain berhadiah uang tunai, di tahun ini pemenang pertama akan mendapatkan beasiswa dari SSR Jakarta dan para pemenang juga berkesempatan mengikuti ajang Kompetisi Internasional serta pihak penyelenggara akan mendaftarkan karya mereka di berbagai Kompetisi film yang bertaraf internasional.

“Semoga sisi humanisme tumbuh berkembang untuk menjaga keutuhan Republik Indonesia dan mengharapkan bibit unggul sineas film muncul dalam ajang Police Movie Festival ini,” tambah Brigjen Rikwanto.

Acara malam puncak Police Movie Festival 5 akan digelar di Lippo Mall Kemang Village, Jakarta Selatan pada 23 Juni 2018, dan dimeriahkan oleh Yura Yunita dan Kahitna./YDhew

Share This: