Chicha Koeswoyo, Memasuki Bab Ketiga Dalam Hidupnya…

Chicha Koeswoyo ( Foto HW)
_

 

Aku punya anjing kecil…

Kuberi nama Hely

Dia senang bermain-main…

Sambil berlari-lari…

 

Gernerasi yang lahir di tahun 70-an pasti ingat dengan lagu itu, sebuah lagu anak-anak yang menjadi hits ketika itu, dinyanyikan oleh Chicha Koeswoyo, anak dari personel grup musik Koes Bersaudara, Nomo Koeswoyo. Kini Chicha yang telah berumur 48 tahun – ia lahir di Jakarta 1 Mei 1968, memutuskann untuk masuk kembali ke dunia musik. Kangen?

“Bukan kangen begitu aja. Kebetulan Mbak Ken anaknya Om Tony itu menikah dengan Rudy, basisnya Emerald Band. Udah bertahun-tahun lalu dia juga udah nanya, Mbak ayolah (kembali ke dunia musik), apalah…aku bilang enggak mau.

Tahun kemarin dia WA , Mbak coba dicek emailku. Kalau kersa ya monggo, enggak kersa ya enggak apa-apa. Udah masuk email aku baca, aku dengerin, kok ini lagu…pas dengerin langsung jatuh cinta, menangis dengan liriknya yang luar biasa, beatnya aku senang,” kata Chicha ketima ditemui di sebuah kafe di kawasan Kemang, Jakarta, Rabu (1/2) sore.

Namun karena sudah lama meninggalkan dunia musik, karena berkonsentrasi mengurus keluarganya, Chicha harus ijin dulu dengan suami dan anak-anaknya. Ternyata mereka semua mengijinkan.

“Tiba-tiba aku dengar anak-anakku dan bapaknya bilang kok bagus sih, siapa itu yang nyanyi, cocok tuh kalau di mix dengan ini….mereka tanya siapa yang nyanyi. Aku bilang nanti saya yang nyanyi, wah mereka kaget, anak-anak dua-duanya berteriak-teriak sambil bilang, “yes, yes, go for it Bunda… Kata suamiku, Ayah agree, apa yang membuat Bunda bahagia silahkan. Ooh..so sweet, senang.”

Lagu yang diciptakan oleh Rudy Emerald Bang berjudul Look at Me. Sebuah lagu yang liriknya memberi kekuatan kepada orang yang sedang galau, sedang susah atau merasa sendiri. Karena dalam lagu itu mengatakan, jangan bersedih, karena aku masih ada untukmu…

“Jadi semua berangkatnya dari rumah. Ya udah seperti itu aja. Sama sekali tidak sama sekali enggak bermaksud untuk (menunjukkan) oh Chicha Koeswoyo, Chicha…enggak ada. Ini lebih jauh PR aku rasanya, angan-angan aku lebih jauh dari itu,” tambah artis yang menghilang dari dunia musik sejak umur 19 tahun ini.

Menurut anak kandung dari musisi anggota Koes Bersadara, Nomo Koeswoyo ini, semua yang dijalani saat ini adalah momentum. Sekarang atau tidak sama sekali. Apalagi dia menyandang nama besar Koeswoyo, yang harus diteruskan kiprahnya di dunia musik, oleh anak-anak dan cucunya.

“Moment itu memang enggak bisa diapa-apain. Kalau udah waktunya ya waktunya juga. Mau masuk dapur rekaman aja puyeng aku, udah puluhan tahun enggak masuk dalam studio, kok gini ya. Dulu Papa punya yang di Barito itu gede.. , ini kok sangat kecil, jadi aku ngerasa left behind. Kusut-kusut dengkulku segala macem, sampe Mas Rudy yang sabarnya luar biasa, Mbak udah enjoy…telaten banget,” ujar ibu tiga anak ini.

Chicha menambahkan, motivasi lain untuk kembali ke dunia musik adalah untuk memberi contoh kepada anak-anaknya, bahwa jika kita punya talent, bakat, itu akan terpakai sampai kapan pun.

Bagi Chicha, kembalinya ke dunia musik di usia 48 tahun ini merupakan chapter (bab) ketiga dalam hidupnya. Bab pertama adalah ketika ia mengawali kariernya di masa kecil hingga kuliah, bab kedua adalah ketika dia berkonsentrasi mengurus rumahtangganya***

 

Share This: