Cok Simbara, Menjalani Hidup Sehat

Aktor Cok Simbara (Foto: HW)
_

Di usianya yang hampir mencapai 64 tahun, aktor senior Cok Simbara masih nampak sehat. Wajahnya segar dan fisiknya tetap kuat. Itulah yang terlihat dari penampilan aktor kelahiran Tapanuli Selatan, 12 November 1953 ini, ketika hadir dalam pemutaran film Iqro – Petualangan Mengejar Bintang, di Senayan City XXI Jakarta, Minggu (22/1/2017) siang.

Apa rahasinya yang membuat Cok Simbara tetap muda?

“Sejak tigapuluh tahun terakhir aku mencoba menjalani hidup sehat. Aku tidak pernah keluar malam untuk mencari hiburan. Kalau di rumah, aku cuma nonton televisi. Sudah senang itu. Karena aku suka olahraga, setiap acara olahraga pasti aku tonton. Bahkan olahraga tenis yang tidak pernah aku mainkan pun, dengan serius aku tonton,” kata aktor yang memulai debutnya dalam film Kugapai Cintamu ini.

Aktor bernama asli Ucok Hasyim Batubara ini mengaku menjalani hidup yang teratur. Jika tidak ke luar kota, dia pergi ke lapangan golf untuk melakukan olahraga kesayangannya itu setiap pagi, lalu diam di rumah. Dia hanya ke luar rumah bersama isteri atau mengikuti kegiatan syuting.

“Dulu di tahun 80-an memang pernah ya masuk ke tempat hiburan malam, tapi ya…tidak menyenangkan juga buat aku. Bahkan aku pernah mengantar orang ke karaoke, tapi mata sakit kena asap rokok. Aku pikir ya sudahlah, jalan hidup seperti ini aja,” kata aktor yang pernah menimba ilmu di LPKJ ( kini IKJ) itu.

Saat ini Cok sedang mengikuti syuting film Kalau film lagi syuting He is My Maradikka di Mamuju, Sulawesi Barat. Dalam film produksi Pemda itu ia berperan sebagai Raja Mamuju, berpasangan dengan Ira Wibowo sebagai permaisuri. Sayangnya dialog dalam film itu tidak memakai bahasa daerah, karena pemainnya tidak bisa berbahasa Bugis.

“Saya sendiri meminta pakailah paling tidak dialek daerah. Tetapi karena pemain lain tidak bisa, Ira Wibowo juga tidak mau karena tidak bisa, akhirnya memakai bahasa Indonesia aja. Kan tidak ya bagus kalau beda-beda,” katanya.

Di usianya yang telah melampaui 60 tahun Cok Simbara beryukur masih ada yang memakai jasanya untuk bermain film. Sejauh ini penghargaan orang lain terhadap dirinya pun cukup tinggi. Dia tidak pernah merasakan sikap atau perlakuan melecehkan dari insan film generasi muda.

 

“Jadi saya bersyukurlah masih dihargai. Dan kita di Indonesia seharusnya memang tetap menghormati orang-orangtua. Kalau kita lihat di Amerika, aktor-aktor muda yang punya nama selalu menghargai orangtua. Bahkan aktor sekelas Tom Cruise, kalau ada aktor tua berbicara di pentas, selalu memberi applaus berupa standing ovation. Kita seharusnya begitu,” ujar suami dari Judith Permadaniah ini. (*)

 

 

Share This: