Diam-diam Sudah 2 Tahun Once Menjadi Direktur JMSI

Once (Foto: HW)
_

Mantan vokalis grup musik Dewa 19, Once, Selasa (7/2) sore terlihat hadir di markas Slank untuk mengikuti launching album Slank terbaru, Palelopeyank. Kehadiran Once ternyata mewakili Jagonya Music Indonesia (JMSI) yang mengadakan kontrak untuk mengedarkan album Slank.

JMSI adalah perusahaan yang mempunyai kontrak langsung untuk mengedarkan cd musik di gerai ayam gorengKFC. eksklusif. Artinya semua cd yang dijualdi KFC harus melalui dan seleksi JMSC.

“Sebenarnya kami sudah dua kali bekerjasama dengan Slank. Yang pertama tahun lalu menjelang Ramadhan, dan ini yang kedua. Kami tahu Slank punya cara untuk mempromosikan albumnya, karena punya hubungan yang baik dengan media, televisi dan sebagainya, tapi kami juga akan membantu mempromosikan dan mengedarkan album Slank,” kata Once.

Kepada balaikita Once mengaku menjabat sebagai Direktur di JMSI sejak dua tahun lalu. Tugasnya berkomunikasi dengan artis, label, juga memproduksi bernegosiasi artis dan label, manajemen artis, juga membuat kontrak, menganalisa kontrak-kontrak dan deal-deal yang ada. Selin itu ikut memperhatikan agar distriubsi dan penjualan berjalan bagus, terkontrol.

“Saya udah sekitar 2 tahun di JMSI. Sepanjang ini tidak mengganggu profesi saya, karena jam kerjanya sangat fleksibel dan pihak JMSC memberi kebebasan untuk mengatur jadwal dan waktu saya sendiri. Saya pikir ini bisa saya kerjakan. Dan tidak ada masalah dalam soal waktu,” jelas Once.

Once, nama lengkapnya Elfonda Mekel, lahir di Makassar, 21 Mei 1970 mulai terkenal sejak menjadi vokalis grup musik Dewa 19 pimpinan Ahmad Dani. Once bergabung dengan Dewa 19 pada tahun 1999, menggantikan Ari Lasso  sebagai vokalis. Sebelum bergabung dengan band tersebut, ia telah merilis singel solo, seperti Juwita Pandang (1991) dan Anggun (1999).

Karier Once kemudian melesat menuju puncak popularitas melalui album-album terlaris Dewa seperti Bintang Lima  (2000) dan Cintailah Cinta (2002). Once telah menelurkan sebanyak lima album bersama Dewa 19. Setelah sukses sebagai vokalis band, Once kembali merintis karier solonya lewat singel Dealova (2005) yang merupakan soundtrack film berjudul sama.

Setelah pembubaran Dewa 19 pada tahun 2011, Once mulai vokus dalam kariernya sebagai penyanyi solo. Ia lalu meluncurkan beberapa single dan album. Album pertamanya bertajuk Once (2012).

Once dikenal sebagai salah satu vokalis pria terbaik di Indonesia dari sisi karakter dan kekuatan vokal. Majalah Rolling Stone memasukan Once dalam “50 Greatest Indonesian Singers”, yaitu daftar 50 penyanyi Indonesia terbaik sepanjang masa.***

Share This: