Dian Sastro Minta Peran Kartini Karena Tak Suka Film Lain

Dian Sastrowardoyo (Foto: HW)
_

Memerankan tokoh Kartini merupakan impian bagi banyak aktris film. Kartini merupakan pahlawan wanita yang sangat dihormati kaum wanita. Itulah sebabnya Dian Sastrowardoyo merasa perlu meminta untuk bisa memerankan tokoh Kartini kepada Hanung Bramantyo, sutradara film Kartini.

“Dulu kami rapat di sini, saya ditawarkan oleh Mas Hanung film yang lain, tapi saya tidak suka. Ketika mendengar dia ingin membuat film Kartini, saya lalu merengek-rengek agar diberi peran tokoh itu. Sutradaranya Mas Hanung, lho, sesuatu banget buat aku,” kata Dian usai pemutaran film Kartini di Plaza Indonesia Jakarta RAbu (5/4) sore.

Awalnya Hanung menolak permintaan Dian, karena pemeran tokoh Cinta dalam film “Ada Apa Dengan Cinta” itu dinilai terlalu tua. Akhirnya Hanung luluh dan memberikan peran itu. Belakangan Hanung merasa Dian adalah tokoh yang cocok untuk memerankan Kartini.

“Katika kita ingin mengangkat tokoh Kartini, kita juga harus memikirkan siapa yang harus memerankan tokoh ini agar penonton suka. Ternyata Dian memang sosok yang luar biasa, dia bisa menghidupkan gagasan saya tentang substansi dalam film Kartini,” kata Hanung.

Untuk memerankan tokoh yang diidolakannya, Dian perlu bekerja keras, agar ia bisa masuk dalam karakter Kartini dan situasi yang dihadapinya ketika itu. Banyak moment-moment atau adegan yang membuat Dian sedih. Tetapi demi menjaga kontiuitas dia harus menjaga emosinya agar tidak berubah dari satu adegan ketika harus di take ulang.

“Saya menggunakan musik untuk mengembalikan ingatan saya akan emosi yang arus ditunjukkan dalam sebuah adegan,” kata Dian. “Jadi ketika masuk ke adegan yang pernah dibuat, saya tinggal menyetel lagu yang jadi penanda itu sehingga ingatan saya kembali,”katanya.

Share This: