Diduga Terkena Serangan Jantung, Bupati Tegal Ki Enthus Susmono Meninggal Dunia

Ki Enthus Susmono (NU Online)
_

Kabar duka datang dari dunia pewayangan. Dalang kondang Ki Enthus Susmono yang juga Bupati Kabupaten Tegal, Jawa Tengah dikabarkan meninggal dunia, Senin (14/5).

Belum ada kepastian kabar terkait sebab musabab meninggalnya Ki Enthus, dalang kharimatik yang mampu menyihir penonton dalam setiap pementasan wayangnya. Namun dari kabar yang beredar, Bupati Tegal petahana ini meninggal dunia diduga karena sakit Jantung.

“Telah meninggal dunia Bupati Tegal Bp H Enthus Soesmono pada hari ini, Senin 14 Mei 2018 pukul 19.10 WIB dalam usia 52 tahun di RS Soeselo Slawi, Tegal,” ujar Pjs Bupati Tegal Sinung N. Rachmadi lewat pesan singkatnya kepada NU Online.

“Insyaallah akan dimakamkan besok siang. Info lanjut menunggu keluarga,” sambung Sinung.

Ki Enthus Susmono lahir di Tegal, 21 Juni 1966. Sejak 8 Januari 2014, ia dilantik sebagai Bupati Tegal oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, untuk periode 2014-2019.

Karena ketokohannya di dunia pedalangan, pada tahun 2005, dia menerima gelar Doktor Honoris Causa bidang seni-budaya dari International Universitas Missouri, U.S.A dan Laguna College of Bussines and Arts, Calamba, Philippines(2005).

Selain berbagai penghargaan telah diterima, ratusan karyanya juga tersimpan dalam museum antara lain di Belanda, Jerman, dan New Mexico.

Share This: