Dirjen ESDM: Saya Sudah Terima 249 Laporan Terkait Subsidi Listrik 900 va

_

Pemerintah melalui PT PLN (persero) menyatakan pelanggan listrik 900 volt ampere (va) yang dinyatakan mampu tidak diberikan subsidi kecuali, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta rumah ibadah.

Untuk itu, Direktur Jendral
Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Muhammad Jamal menyiapkan posko aduan dalam bentuk aplikasi bagi pelanggan jika terdapat kesalahan dalam proses pencabutan listrik.

“Jadi data yang ada adalah bahwa, sampe hari jumat 2 Januari- 3 Februari kemarin, ada pengaduan sebanyak 249 sampai di aplikasi, dari itu sudah 110 kita tindak lanjutin kalo memang mereka berhak mendapat subsidi, lalu sisanya 139 sudah terverifikasi dengan TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan) ,” ujarnya saat di temui di Hall Dewan Pers, Jakarta Pusat.

Dirinya menambahkan, kebanyakan UMKM tidak mendapat subsidi dikarenakan tempat usaha mereka hanya kontrak sementara jadi perlu ada pengaduan melalui aplikasi

“Sebenarnya berhak mendapat subsidi tapi dia (pelaku usaha) kontrak tempat, tapi pas dicocokan dengan databes dengan id pelanggan PLN tidak masuk, tetapi pas dia mengadu ke aplikasi pengaduan data itu di cocokan dengan TNP2K,” katanya pada Minggu,(5/2).

Untuk kedepannya para pelaku usaha menengah disarankan melapor terlebih dahulu jika ingin pindah tempat usaha agar terdaftar sebagai TNP2K

“Nanti kalo berpindah tempat
usaha itu harus bilang biar terdaftar kembali,” tutupnya.

Share This: