Doraemon Menanti Penggemarnya di Restoran Ayam Goreng

_

Pada tahun 90-an, Doraemon menjadi serial televisi yang sangat digemari anak-anak. Film animasi ini selalu ditunggu kehadirannya, karena ceritanya yang menarik dan futuristik.  

Doraemon adalah sebuah robot kucing berwarna biru , berasal dari abad 22  pergi ke abad 20 untuk menolong Nobita . Ia sangat suka dorayaki,  ia sering membantu Nobita saat berada dalam kesusahan.

Menurut suatu versi cerita , Doraemon diciptakan oleh Nobita yang sudah separuh baya. Banyak yang menganggap dorayaki sebagai asal usul nama Doraemon. Bagaimanapun, diketahui dari satu jilid manga bahwa namanya berasal daripada bahasa Jepang bagi “kucing liar”, dora neko, dan bagian nama emon yang merupakan sebagian nama Jepang zaman silam, seperti yang dilihat pada nama Horiemon. Wajah Doraemon berbentuk bulat di seluruh badannya, termasuk kepala, dengan tangan dan kaki berwarna putih, ekor merah.

Nobita Nobi ,umumnya disebut Nobita (lahir pada 7 Agustus), adalah seorang anak kelas 4 SD, yang malas , kurang pandai dalam pelajaran , sering lupa mengerjakan PR dan datang terlambat , sering dijahili Suneo dan Giant serta sering dimarahi ibunya atau gurunya. Untuk melakukan banyak hal ia meminjam alat dari Doraemon. Ia memilkik sifat baik yang kadang membuatnya terkena masalah. Ia juga sering dianggap penakut .

Hobi Nobita dianggap aneh dan tak lazim. Hobi Nobita, yaitu tidur, bermain tali karet dan menembak. Ia juga suka mengoleksi tutup botol. Ia memiliki banyak cita cita namun setelah besar ia hanya menjadi  karyawan biasa.

Disukai anak-anak

Pada masa itu Doraemon sangat disukai anak-anak. Artis peran Ayusitha yang ketika itu masih anak-anak mengaku menjadi salah satu penggemarnya.

“Jaman dulu Nobita dam Giant suka kejar-kejaran. Dia suka ngumpet di pupa. Waktu itu Nobita nyentuh tablet, dan sekarang tablet itu jadi kenyataan. Siapa tahu, pintu ke mana aja suatu saat juga jadi kenyataan,” tutur Ayusitha memaparkan adegan yang masih diingatnya dalam Doraemon. “Kalau enggak nonton sedih”.

Karena kesukaannya pada tontonan ini, Ayu lalu mengoleksi berbagai merchandise Doraemon, mulai dari komik hingga boneka-boneka kecil. Barang-barang itu ada yang dibelinya ketika ia ke Jepang.

Doraemon kini sudah tidak ditayangkan lagi di televisi, meskipun produksinya di Jepang berjalan terus. Untuk memperkenalkan film animasi Doraemon kepada anak-anak, rumah makan ayam goreng CFC (California Fried Chicken) bekerjasama dengan Formula Picture mengeluarkan produk DVD Film Doraemon. Penggemar Doraemon bisa mendapatkan DVD Film original ini dalam bentuk Paket Hemat CFC Movie maupun secara Ala Carta eksklusif dl seluruh gerai CFC indonesia.

Peluncuran media dvd di tengah maraknya penggunaan  internet untuk melihat tontonan semakin  masif, merupakan sebuah keputusan berani. Apalagi menurut pengamat film Yan Widjaya, sejak 5 10 tahun lalu banyak gerai dvd asli yang sudah tutup.

Namun demikian Yan yakin peluang untuk memasarkan film Doraemon di CFC tetap ada, apalagi dikombinasikan dengan penjualanan ayam goreng produk CFC. “Doraemon film sangat luar biasa. Anak-anak saya waktu kecil menggemari Doraemon, sekarang cucu saya,” kata Yan, ” di CFC Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/1017).

 

Ridho dari Formula Pictures juga merasa yakin dvd yang diproduksinya tetap memiliki pasar. Ia tidak khawatir akan terjadi pembajakan, karena materi dvd yang diproduksinya dibuat di sebuah pabrik khusus.

“Target pemasaran kami tidak muluk, hanya limapuluh ribu keping. Dan kalau ada yang menjual bajakannya, itu gampang dideteksi. Tapi di Indoneaia agak susah menghadang pembajakan.  Kalau itu kita serahkan saja kepada pemerintah,” katanya.

Kisah ‘Doraemon the Movie : Nobita and the Birth of lapan” yang dijualnya mengisahkan  ketika Nobita memutuskan untuk kabur dari rumah, dan berniat hidup bebas mandiri selepas dimarahi oieh ibunya. Ternyata Shizuka, Giant dan Suneo juga memiliki niat yang sama. Bersama-sama, mereka berkelana ke Jepang di masa 70000 tahun yang lalu. Di masa itu, wilayah Jepang masih belum berpenghuni. Dengan menggunakan alat-alat ajaibnya, Doraemon menjadikan wilayah tersebut indah dan nyaman untui ditinggali.

 

Share This: