Fahmi Darmawansyah Dikirim ke Lapas Sukamiskin

_

Terpidana kasus suap Bakamla,  Fahmi Darmawansyah telah dikirim ke Lapas Sukamiskin Bandung Jawa Barat. Setelah Jaksa mengeksekusi putusan Pengadilan Tipikor yang menjatuhkan putusan pidana kepada Direktur PT Melati Technofo Indonesia (MTI) itu.

Kabar pengiman Fahmi ke Sukamiskin itu disampaikan oleh Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Jakarta, Kamis (1/6/2017) pagi.

“Kemarin (31/5) telah dilakukan eksekusi terhadap Fahmi Darmawansyah. Yang bersangkutan dipindahkan ke Lapas Kelas 1 Sukamiskin Bandung, Jawa Barat,” ungkap  Febri Diansyah.

Berdasarkan Putusan Pengadilan Tipikor tanggal 24 Mei 2017 suami dari aktris senior, Inneke Koesherawati ini dijatuhi hukuman pidana penjara 2 tahun 8 bulan dan denda Rp150 juta subsider 3 bulan.

Vonis tersebut lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum KPK, yakni pidana penjara 4 tahun dan denda Rp 200 juta subsidair 6 bulan kurungan.

Majelis hakim menyatakan Fahmi terbukti menyuap pejabat Bakamla, untuk memenangkan proyek pengadaan satellite monitoring. Fahmi memberikan uang kepada pejabat Bakamla secara bertahap.

Pejabat Bakamla yang menerima uang adalah Deputi Bidang Informasi Hukum dan Kerja Sama Bakamla Eko Susilo Hadi sebesar SGD 100 ribu, USD 88.500, dan 10 ribu euro; serta Direktur Data dan Informasi pada Deputi Bidang Informasi, Hukum, dan Kerja Sama Bakamla Bambang Udoyo sebesar SGD 105 ribu.

 

 

Share This: