Festival Film Pendek Untuk Youtuber

_

Media online You Tube, selain sebagai sumber segala informasi dan hiburan, juga menjadi sarana dalam mengembangkan potensl di berbagai bidang, satu di antaranya adalah mengembangkan bakat dan potensi anak bangsa di bidang perfilman. Baik film sebagai produk budaya dan seni, juga film sebagai produk komersial.

Saat ini sudah banyak anak muda yang mengisi pundi-pundi rejekinya melalui kreasi mereka di kanal yuotube. Sebut saja misalnya di Indonesia ada dua youtuber teratas berpenghasilan ratusan juta per bulan seperti Atta Halilintar atau Ria Ricis.

Nah, keriuhan itu, khususnya kawula muda di bidang film melalui media online You Tube kini coba difasilitasi oleh Karya Bintang Bersama, suatu komunitas yang bergiat dalam kreatif dan produksi film melalui media You Tube. Caranya adalah menggelar Film You Tube Festival 2019.

”Animo anak muda berkegiatan film di You Tube inilah yang mendorong kami unuk menyelenggarakan Film You Tube Festival 2019. Kami berharap ajang ini menjadi peluang bagi mereka pecinta seni film mengadu kreatif, sekaligus menguji kemampuan mereka dalam hal memproduxsi dan membaca selera penonton di You Tube,” jelas lrwansyah, selaku Ketua Pelaksana Film You Tube Festival yang juga pimpinan dari Karya Bintang Bersama, di Kalibata City Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Ide dan gagasan penyelenggaraan ini disambut baik oleh Samsu, pengusaha kopi bermerek Koffie Sehat Lahir Batin (SLB). Samsu berharap sinergi antara festival dan bisnis kopinya dapat berjalan dengan baik.

“Saya melihat perkembangan kreatifrtas di bidang film melalui  media You Tube ini luar biasa. Semakin semarak dan ceritanya semakin bervariasi.  Untuk kemajuan seni film di kalangan anak muda kamipun mendukung sejalan dengan bisnis kami yang penjualannya juga melalui online, dan sesuai dengan target pasar kami,”kata Samsul.

Irwansyah kemudian menggandeng Syamsul Adnan dan Rahmat Chili. Keduanya adalah penggiat di bidang permman nasional itu kemudian merancang sistem dan bentuk keikutsertaan para peserta dan penilaian serta hadiah bagi para pemenang Film You Tube Festival 2019.

Menurut Syamsul, persyaratan dan Ketentuan dari festival ini antara lain tema dan genre bebas, cerita harus original dan belum pernah ditayangkan di You Tube, tidak mempertontonkan atau mengeksploitasi adegan, porno, sadismE dan SARA.

”Untuk perangkat syuting bisa menggunakan kamera atau ponsel, Yang pentlng gambar bersih dan suara jernih,” kata Syamsul, seraya menyebut nomor WA 0813 8733 7996 dan WA 0815 1960 5888 yang bisa dihubungi untuk menjadi peserta.

Film You Tube Festival 2019 ini menurut Irwansyah, terbuka umum. Tidak dibatasi usia, boleh perorangan maupun kelompok. Peserta mengisi formulir pendaftaran dengan membeli satu box Koffle, lalu mendaftarkan ke bintangbersama377@ gmail.com dengan bukti dan struk pembelian.

Selain peserta festival diwajibkan menyerahkan materi berupa synopsis, nama pemain dan crew, lalu mengirimkan materi film atau materi tayangan melalui email bintangbersama377@gmail.com. Durasi tayangan sekitar 1015 menit.

Pendaftaran dibuka dari 8 September hingga 8 Oktober 2019. Penyerahan materi 8 Oktober hingga 2 November 2019. Sensor film 5 Oktober hingga 5 November 2019, Penayangan sentak di You Tube 10 November hingga 10 Desember 2019. Pengumuman numinasi 14 Desember dan pengumuman pemenang 22 Desembet 2019.

Juara terpilih dibagi menjadi 2 bagian antaranya : 1. Sebagai viewer terbanyak juara 1-2 dan 3. Dan, ke 2 sebagai film favorit dalam bentuk trailer film dengan like terbanvak di channel.

“Viewernya harus murni, tidak boleh beli. Karena ini akan masuk ke channel bersama dan akan terlihat grafik analitiknya,” kata Rahmat Chili.

Untuk pemenang panitia menyediakan hadiah menarik : Juara l : thropy juara, piagam penghargaan,kamera, boom mic, laptop, dan uang tunai Rp. 5.000.000. Juan II thropy juara, piagam penghargaan, pc, uang unai Rp. 4000.000, Juara III throw juara, piagam penghargaan, pc dan uang tunai Rp 3.000.000. Sedangkan juara favorit disediakan hadiah uang tunai Rp. 5.000.000.

Share This: