Film “After Met You”: Jatuhnya Sang Playboy Muda

_

Drama percintaan anak-anak SMA yang konfliknya berputar-putar di tengah kehidupan mereka yang sempit, masih menjadi genre pilihan bagi produser film di Indonesia. Genre itulah yang dipilih RA Pictures milik artis Rafi Ahmad.

Mengangkat cerita dan skenario yang ditulis oleh Haqi Achmad dan Patrick Efenddy yang juga menjadi sutradara, “After Met You” mengisahkan tentang seorang pelajar SMA ganteng bernama Ari, yang juga berprofesi sebagai DJ.

Karena popularitas dan kegantengannya itu Ari sangat digilai oleh gadis-gadis remaja, termasuk teman di sekolahnya.

Ari sendiri nampaknya sadar dengan kelebihannya itu sehingga ia merasa mendapatkan cewek semudah membalikkan tangan. Di hadapan teman-temannya ia menyombongkan diri dapat menggaet cewek kapan pun ia mau.

Setelah mencampakan Alika (Michelle Wanda), Ari berusaha mendekati Ara, teman sekelasnya yang memiliki sikap tegas. Kebetulan Ari pernah mendapat kerjaan menggarap album di perusahaan milik orangtua Ara.

Meski pun Ari terkenal sebagai playboy, teman-temannya tidak yakin Ari dapat menaklukan Ara (Yoriko Angeline). Untuk itu salah seorang sahabatnya, berani mengajak tarihan Rp.5 juta dengan Ari.

Ternyata memang tidak mudah bagi Ari untuk menaklukan Ara. Apalagi kemudian ada anak baru Azka (Naufan Azka) yang sempat mendekati Ara. Ari sang playboy  muda justru jadi tergila-gila dengan Ara.

Drama komedi

Anak SMA, kisah cinta, kehidupan anak-anak dari kalangan menengah atas, menjadi elemen wajib dalam film drama remaja di Indonesia. After Met You, juga tidak bisa jauh-jauh dari konsep itu.

Cerita pun hanya berputar-putar dalam ruang lingkup yang sangat terbatas, sehingga penulis skenario maupun sutradara harus mampu menghadirkan daya tarik dari ruang lingkup terbatas dan cerita yang klise.

Plot yang dibangun secara keseluruhan sebenarnya nyaris tidak memberikan sesuatu yang berbeda. Artinya mulai dari struktur dramatik, karakter, konflik-konflik yang dibangun tidak memberikan kejutan menarik buat penonton.

Untunglah Patrick Efenddy mampu mengulis aspek komedi dari cerita film ini, meski pun kelucuan itu dibangun dengan mengeksploitasi karakter Alika dan Yudha Keling yang memang seorang komika.

Kemunculan Alika dengan karakternya yang komik memberi warna tersendiri dalam film ini. Begitu pula dengan Yudha Keling, kedua tokoh guru — guru wanita dan guru musik — sehingga After Met You sebenarnya bisa dikategorikan sebagai film bergenre drama komedi.

Sementara upaya untuk mempertajam aspek drama melalui kehidupan keluarga Ari, juga tokoh Ara yang digambarkan terkena kanker, tidak terlalu berhasil.

Dari sisi pemeran, Ari Irham yang menjadi tokoh Ari diperkirakan bakal mampu menyedot perhatian penonton cewek. Hanya sayang memasangkan Ari dengan Yoriko masih terasa jomplang. Yoriko terkesan terlalu tua buat Ari.

Dengan Yoriko menjadi pemeran Ara, rasanya jadi lebay jika anak muda seganteng Ari harus tergila-gila kepadanya.

 

 

 

 

Share This: