Film Miliki Kekuatan Luar biasa untuk Gerakan Pendidikan.

Najeela Shihab (Foto: HW)
_

Dunia pendidikan Indonesia sangat terbatas. Kapasitas orang-orang yang ada di dalamnya juga sangat terbatas. Karena itu dunia pendidikan membutuhkan perhatian dan dukungan, dari dunia yang lain di luar pendidikan, terutama film.

“Begitu saya mengerjakan sesuatu, saya menyadari bahwa film dan seni itu memiliki kekuatan luar biasa untuk enjadi penggerak pendidikan. Film itu memberikan pengalaman luar biasa kepada anak-anak,” kata pendidik Najeela Shihab, dalam dialog film bertema “Layarkan Ragam Indonesia” di Musium Nasional Jakarta, Sabtu (25/3).

Selain Najeela, dialog ini juga menampilkan pembicara mantan Presiden RI BJ Habibie, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, dan

Menurut puteri ulama Quraish Shihab ini, anak sekarang paparannya terhadap berbagai bentuk audiovisual sangat berbeda dengan jamanya dulu yang tivi pun hanya memiliki satu saluran. Untuk memperkaya wawasan anak, maka dibutuhkan orang-orang dari berbagai disiplin ilmu yang lain, masuk ke dunia pendidikan.

“Saya ingin mengajak dari dunia lain ke dunia pendidikan. Tapi apa kepentingannya dengan film, karena semua sudah sibuk dengan dunia sendiri. Kalau bicara film sekarang cuma pada aspek produksi dan disribusi. Aspek pendidikannya belum dikerjakan di bidang-bidang lain,” kata pendiri “Sekolah Cikal” ini.

Menurut Najeela, dia  menyampaikan saya ke orang film, kalau membantu dunia pendidikan dan resources lain, akan  membantu dunia pendidikan, sehingga orang bisa membedakan mana film yang baik dan tidak.

“Yang kedua menumbukan bakat-bakat yang akan bekerja di dunia perfilman juga. Dunia pendidikan sangat terbuka untuk itu,” katanya.

Share This: