Film “Mooncake Story”: Kasih Itu Menyehatkan.

Morgan Oey dan Dominique Diyose, dua pemain film "Moon Cake Story" (Foto: HW)
_

Kasih adalah sikap untuk menyayangi sesama tanpa melihat latar belakang atau ada embel-embel tertentu. Memberikan kasih sayang bisa dilakukan melalui media apa saja. David menyalurkan gejolak kasih dalam dirinya melalui kue bulan (mooncake) kue kesukaan yang dulu dibuat ibunya, dan setelah sang ibu meninggal dunia keahlian membuat kue itu diteruskan oleh isterinya, Aline. Namun Aline juga harus menghadap Yang Maha Kuasa lebih cepat.

Kenangan tentang kue bulan itu tak pernah lepas dari ingatan David. Meski pun ia sudah menjadi pengusaha yang sukses, tetapi kenangan tentang kue bulan tetap melekat. Karena dalam kisah kue bulan itulah kenangan tentang ibunya almarhum dan isterinya tetap tersimpan. Diam-diam David ingin agar keahlian membuat kue bulan itu ada yang meneruskan. Tetapi siapa?

Secara tidak sengaja ia bertemu dengan Asih, seorang janda yang bekerja sebagai Joki Three in One untuk menyambung hidupnya bersama seorang anak lelaki hasil pernikahannya dengan seorang lelaki yang telah meninggalkannya untuk selama-lamanya.

Pertemuan itu ketika suatu hari David harus melewati jalan Three in One bersama sopirnya. Karena harus cepat ke kantor ia memakai jasa seorang Joki. Ternyata baru saja naik, terjadi razia oleh seorang Satpol PP. Bimo, anak Asih ditangkap. Asih lalu minta turun dan membebaskan anaknya dari cekalan petugas tersebut. Asih lalu menghilang bersama anaknya.

Merasa berhutang karena belum membayar jasa Asih, David akhirnya mencari tahu keberadaan Asih. Kebetulan ia bertemu lagi dengan Bimo. Begitulah, David kemudian menjadi dekat dengan Asih dan anaknya. Tetapi keluarga besar David memisahkan kedekatan mereka, karena David mulai terserang alzheimer (hilang ingatan). David yang sempat membantu Asih membuat kue bulan, dan berhasil menjadikan Asih pengusaha UMKM dengan kue bulan buatannya, akhirnya meninggal dunia.

Film ini sebenarnya memiliki pesan kuat, bahwa mengasihi orang sebenarnya menyehatkan. Keluarga besar David tidak tahu bahwa ketika David yang pengusaha sukses berada di lingkungan tempat tinggal Asih yang kumuh, penyakit alzheimernya hilang. Kematian David justru terjadi setelah ia dipisahkan dengan Asih. Kedekatan David dengan Asih bukanlah sebagaimana dekatnya lelaki dengan lawan jenis, eros, karena di depan Asin justru David sering menyebut nama isterinya, Aline. Ia mengasihi Asih, karena Asih yang seorang janda beradanak satu, tinggal di tempat kumuh dengan kehidupan memprihatinkan, memang patut dikasihi.

Film ini juga mencoba memotret kehidupan masyarakat bawah yang keras di tengah-tengah ibukota. Ada Sekar, adik Asih yang menjadi wanita nakal dan berhubungan dengan pengedar narkoba, ada Jaka, badut yang mencintai Sekar, tetapi kemudian mati terbunuh oleh pengedar narkoba.

Garin juga mencoba menggambarkan fenomena anomaly penegak hukum, tentang petugas Satpol PP yang menerima suap, dan sikap masyarakat yang permisif dengan penyimpangan penegak hukum. Pak RT yang menerima seragam polisi secara tidak sengaja ternyata bisa memanfaatkan seragam itu untuk mencari keuntungan pribadi. Dengan seragam polisi, dia berhasil menakut-nakuti masyarakat dan pedagang, lalu memperoleh suap.

Film yang didukung sejumlah nama benderang seperti Bunga Citra Lestari (sebagai Asih) , Morgan Oey (David), Dominique Yose  (Linda kakak David), Melati Zein ( Sekar, adik asih ), Dedy Sutomo  (pakTRI supir David), Kang Saswi  (badut), dan Jaja Miharja  (pak RT). Film yang akan dirlis mulai 23 Maret 2017.***

 

Share This: