Film “The Sacred Riana Beginning” : Horor Indonesia Rasa Eropa.

Sosok pesulap The Sacred Riana. (Foto: HW)
_

Meskipun memakai judul bahasa Inggris, “The Sacred Riana Beginning” adalah film produksi Indonesia dengan sutradara Billy Christian, dan para pemain terdiri dari Marie Antoinette Riana Graharani, Prabu Revolusi, Citra Prima, dan beberapa pemain berdarah campuran.

Berbeda dengan film horor kebanyakan, The Sacred Riana, tidak menjual hantu lokal yang sudah habis diobok-obok oleh pembuat film di Indonesia. Film ini justru bercitarasa sangat Eropa, baik dari cerita, artistik dan dialog-dialognya yang juga diberi teks bahasa Inggris.

Melihat dari judulnya, film ini memang mengangkat tokoh The Sacred Riana, sampai wanita berusia 26 tahun ini memenangkan ajang pencarian bakat Asia’s Got Talent tahun lalu, dan kemudian mengantarkannya ke semi final America’s Got Talent.

Namun karena ini sebuah film layar lebar, unsur fiksi dikedepankan, sehingga bukan sebuah kisah yang memaparkan sosok The Sacred Riana atau sang tokoh asli bernama Marie Antoinette Riana Graharani.

The Sacred Riana memang menjadi tokoh utama, tetapi dia harus mengikuti plot yang dibuat oleh penulis, sehingga dalam perjalanan cerita, ia juga bisa menjadi korban, dan tergantung pada orang lain untuk menyelamatkan diri.

Disutradara Billy Christian, The Sacred Rianna Beginning Film the Sacred Riana sendiri mengisahkan tentang masa kecil Riana yang tinggal di kota kecil bersama ayahnya (Prabu Revolusi) dan ibunya (Citra Prima).

Keluarga Riana memiliki bisnis keluarga yang unik, yaitu menjalankan rumah duka. Ibunya menjadi perias jenazah dan ayahnya sibuk mengurus administrasi, sehingga mereka kurang memperhatikan Riana.

Oleh teman-teman sekolahnya Riana sering dibully, sehingga ia merasa tak ada seorang manusia pun yang peduli dengan dirinya. Di tengah pengasingan diri itulah Riana mulai melihat mahluk-mahluk halus di rumahnya, sampai suatu hari rumah orangtuanya terbakar.

Keluarga Riana pun akhirnya harus tinggal di rumah Oh Johan (Wilem Bevers), pedagang barang antik di Jakarta. Disitu Riana bertemu dengan boneka Riani, dari pertemuan itu Riana pun langsung berubah drastis. Riana tak mau bicara dengan orang lain dan kerap menunjukan sikap yang aneh.

Orangtua Riana memanggil guru pembimbing untuk menyembuhkan masalah kejiwaan Riana. Untuk menemani Riana yang tinggal sendiri karena kedua orangtuanya mengalami musibah, sang guru pembimbing membawa beberapa anak untuk menginap. Namun karena kamar terlarang dimasuki oleh anak-anak itu, roh halus yang bersemayam di kamar terlarang itu marah, meneror Riana, guru pembimbing dan anak-anak seraya meminta agar boneka Riani dikembalikan.

Kisah selanjutnya adalah teror hantu bernama Baba Dhok, hantu berwajah bule yang selalu menyeringai — sulit dibedakan antara marah dan tertawa. Semua manusia yang ada di situ diteror dan dikejar-kejar, termasuk Riana yang awalnya digambarkan memiliki kekuatan supranatural.

The Sacred Riana Beginning adalah film horor Indonesia rasa Eropa. Ketika menyaksikan film ini kita bisa lupa apakah ini film impor atau film nasional. Hampir semua elemen yang muncul di dalamnya sangat berasa Eropa. Film ini juga memiliki special efek yang bagus, sebuah kemajuan yang ditunjukkan oleh film Indonesia.

Sayangnya cerita film ini terlalu diulur-ulur hanya untuk menambah bobot ketegangan, yang pada gilirannya membuat penonton capek untuk mengikuti. Sutradara juga kurang tekun menggarap pemain, sehingga hampir semua pemain berekspresi datar.

Untuk sebuah film horor produk dalam negeri, The Sacred Riana berbeda — sebuah upaya yang patut diapresiasi dari produser, sutradara dan tim produksi yang terlibat di dalamnya.

 

 

 

Share This: