Gagal Islah Dengan Soultan Saladin, Alicia Djohar Umumkan Pengurus PARFI

_

Ketua Umum PB PARFI Periode 2020  – 2025 Alicia Johar, akhirnya mengumumkan susunan Pengurus PB PARFI Periode 2020 – 2025.

Soultan Saladin bersama Angel Ibrahim dan Plt. Sekjen DPP Parfi Kun Nurachadijat (ketiga dari kiri). Foto: Dok. SS

 

Pengumuman dilakukan pada Sabtu (18/4/2020) sore di Gedung Pusat Perfilman H. Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan, dan hanya dihadiri oleh beberapa orang calon pengurus di antaranya  Ketua DPO (Dewan Pertimbangan Organisasi) Pong Hardjatmo dan salah satu anggotanya, Ricky Hosada, Wakil Bendahara Umum, Evie Singh, dan juga salah satu anggota kehormatan, Aspar Paturusi.

Pengumuman itu dilakukan setelah Alicia Johar tidak menemui kesepakatan untuk melakukan rekonsiliasi (islah) dengan Plt. Ketua Umum PARFI versi Kongres Lombok, Soultan Saladin.

Sebelum Kongres PARFI yang berlangsung di Hotel Maharaja Jakarta berlangsung, 10 Maret 2020 lalu, Alicia Johar getol melobi Soultan Saladin. Beberapa kali Alicia datang ke Bogor untuk menemui Soultan Saladin, dan mengajaknya bergabung di PARFI Kuningan, dengan menutup lembaran lama.

Namun, seperti diakui oleh Soultan Saladin, meskipun sudah beberapa kali bertemu, ada beberapa prinsip yang tidak bisa dikompromikan, sehingga Saladin menyatakan menolak bergabung.

“Yang  mengganjal kan masih ada orang-orang yang selama ini mempermainkan PARFI seenaknya, tapi tetap diikutkan dalam kepengurusan. Itu yang Abang tidak mau. Kalau kita mau memperbaiki PARFI ayolah kita cari orang-orang yang tidak melulu mengangkangi PARFI untuk kepentingan sendiri. Apa pada tidak sadar kalau selama ini AD / ART PARFI dilanggar seenaknya, tapi merasa paling benar,” kata Saladin.

Menurut sumber balaikita, Alicia Johar telah meminta Soultan Saladin masuk dalam kepengurusan, sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen), tetapi Saladin menolak dan mempersilahkan Alicia Johar jalan tanpa dirinya.

Karena Soultan Saladin menolak, Alicia Johar juga minta ijin kepada Soultan Saladin untuk  mengajak Angel Ibrahim menggantikan Soultan Saladin sebagai Sekjen. Saladin mempersilahkan Alicia Johar menghubungi sendiri Angel Ibrahim.

“Ternyata sampai waktunya juga tidak ada jawaban dari Angel Ibrahim, maka saya kemudian menyusun kepengurusan PARFI sendiri,” kata sumber menirukan ucapan Alicia Johar. Nama aktris senior Mutiata Sani akhirnya ditunjuk sebagai Sekjen.

Dalam siaran pers yang beredar di grup wartawan hiburan, Alicia Djohar  mengatakan, pemilihan pengurus ini terbebas dari intervensi siapa pun dan atas nama apa pun, tapi dengan sebenar-benarnya menggunakan hak prerogarif Ketua Umum dan mempertimbangkan hasil konsultasi dengan para artis senior yang berkapasitas ingin sama-sama memajukan atau memperbaiki kembali serta menjadikan Parfi sebagai rumah organisasi bagi aktor dan artis Indonesia.

Terbentur di Kemenkumham

Anggota PARFI yang sebelum Kongres mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PARFI, Evry Joe berpendapat, tanpa melakukan rekonsiliasi dengan kubu Soultan Saladin, PARFI Kumingan tetap akan mendapat kesulitan untuk mendapatkan legalitas organisasi dari Kemenkumkam.

“Dari jaman Febryan Aditya kan sudah ketahuan legalitas PARFI tidak dikeluarkan oleh Kemenkumham karena masih ada PARFI yang dipimpin Soultan Saladin. Kalau sekarang tetap tidak ada rekonsiliasi, pasti bakal terbentur lagi di Kemenkumham,” kata Evry Joe.

Mengomentari gagalnya rekonsiliasi Alicia Johar dengan Soultan Saladin, menurut Evry, karena Soultan Saladin juga tidak sendiri, melainkan punya gerbong atau pendukung di belakangnya. Kalau cuma Soultan Saladin yang diajak, pasti pendukungmya juga tidak setuju.

“Kalau Angel Ibrahim, yah sebagai manusia dia juga kan punya etika. Selama ini kan yang mengajak bergabung di PARFI Soultan Saladin, kalau sekarang dia bergabung dengan Alicia Johar, sementara Soultan Saladin menolak, yah enggak maulah dia,” kata Evry Joe.

 

PENGURUS PB PARFI 2020-2025:

Dewan Pertimbangan Organisasi
Pong Hardjatmo. (Ketua)
Emma Febry (Wakil Ketua)
Muslieh Harni (Sekretaris)
Renny Djayusman. (Anggota)
Aty Canser. (Anggota)
Neneng A Tuty (Anggota)
Ricky Hosada (Anggota)

Dewan Kehormatan
Connie Sutedja
Rina Hasyim
Barry Prima
Erna Santosa
Aspar Paturusi
Johan Saimima
Yosep Hungan
Avent Christie
Thamrin Lubis
Mawardi Harlan
Henry Surentu

Ketua Umum: Alicia Djohar
Wakil Ketua: RD Paramita Rusady
Sekretaris Jendral: Mutiara Sani
Wakil Sekjen: Sham L Fin
Bendahara Umum: Dede Ratu
Wakil Bendum: Evie Singh
Ketua Bidang 1: Gusti Randa
Ketua Bidang II: Aditya Gumay
Ketua Bidang III: Hana Wijaya

Organisasi Keanggotaan dan Organisasi
Hans Wanaghi
Sandra Naholo
Adhityawarman

Pendidikan Pelatihan Profesi
Dedi Setiadi
Ismail Sofyan Sani
Tenor Amin Susanto

Usaha dan Dana
Devita Prihatini
Yetti Loren
Ranieta Manoppo
Maia Bella

Pembinaan Profesi
Lita Gading
Syahruly Jangsem
Nony Angella

Hubungan Luar Negeri dan Antar Lembaga
Ade Nurul
Andi Mulyadi
Linda Kartika Dewi
Rani Soraya

Kesejahteraan
Evie Susanto
Ezra Dwi Hadyanto
Nonon Damayanti

Pembinaan Daerah
Teguh Yulianto
Widyawati
Dipo Rangga Wishnu
Yudha Anggoro

Hubungan Masyarakat
Helsi Herlinda
Teddy Prangi
Diana Lambong
Neta Harlata

Hukum
Moh. Tahir Danreng
Firdaus Mahidin Putra
Edi Triono Sumartadi

Share This: