Gaun Pengantin Betawi Modern Dari Anna Mariana di Jakarnaval 2018

Vira Amalina Safira, Finalis None Jakarta Selatan 2018, mengenakan gaun pengantin modern karya Disainer Anna Mariana, dalam Jakarnaval 2018.
_

Jakarnaval merupakan karnaval yang meriah dan unik, diikuti oleh berbagai perwakilan daerah, institusi maupun kelompok-kelompok yang diundang maupun ingin berpartisipasi.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh pemilik House of Marsya, Disainer kain tenun tradisional dan songket Anna Mariana. Untuk memeriahkan Jakarnaval 2018 ini Anna menampilkan gaun pengantin Betawi berwarna hijau yang indah, yang dinamakan motif Merak.

Anna Mariana (berjilbab) bersama Vira Amalina Safira dan para model dalam Jakarnaval 2018. (Foto: HW)

Gaun penganten itu dikenakan oleh Vira Amanalina Safira, Finalis None Jakarta 2018, yang naik dalam mobil pawai milik Pemkot Jakarta Selatan. Selain Vira, di atas mobil juga terdapat penyanyi Betawi yang mengenakan baju batik Betawi karya disain Anna Mariana.

“Corak ini diciptakan untuk acara ini. Semua baru digunakan untuk memriahkan karnaval untuk menyambut HUT Jakarta dan Asian Games,” kata Anna dalam wawancara.

Menurutnya gaun merak berwarna hijau itu dibuat dalam waktu seminggu. Sengaja menggunakan warna hijau, sesuai dengan warna burung merak. Baju pengantin Betawi Modern ini dibandrol dengan kisaran harga antara 20 hingga 60 juta rupiah.

“Kisaran harga itu memang untuk pasaran menengah ke atas. Tetapi untuk masyarakat luas tentu akan kita sesuaikan. Kita memiliki bahan pakaian yang sangat bervariasi. Namun untuk dibuat gaun, keindahannya tetap terjaga,” kata Anna.

Selain kain tenun dan songket, Anna Mariana juga telah memproduksi Batik Betawi. Produknya itu telah diproduksi secara massal bekerkasama dengan Lembaga Kebudayaan Betawi, di mana ia terlibat sebagai bendahara.

Anna Mariana juga sudah diajak bicara oleh pihak Garuda Indonesia, untuk merancang kostum bagi pramugara / pramugari Garuda.

“Saya sudah bertemu dengan pihak Garuda, dan diminta memikirkan rancangan untuk pramugari Garuda. Belum deal sih, tapi saya melihat ini sebuah langkah yang positif,” kata perancang pakaian yang dikenal pula sebagai pengacara ini.

Di luar kegiatan di dalam negeri, Anna Mariana juga tetap mengarahkan bisnisnya ke luar negeri. Untuk menunjang hal itu berbagai kegiatan fesyen di luar negeri juga diikuti.

“Next project kemungkinan setelah September dengan Arab dan New York Fashion Week,” kata Anna diakhir wawancara.

Share This: