Trashbag community : Gunung Bukan Tempat Sampah

_

Istilah trashbag sangat akrab dikalangan pendaki bahkan sudah menjadi mindset para pendaki dimana trashbag merupakan wadah untuk membuang sampah disaat kita sedang melakukan pendakian. Pada umumnya nama western juga terkesan lebih modis daripada sekedar “kantong sampah”. “Dari situlah kita pakai nama Trashbag Community, yang akan selalu mengingatkan kita akan sebuah komunitas peduli sampah gunung.” Ungkap Imam.

Trashbag Community terbentuk pada tanggal 11 November 2011 di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat.

TC melaksanakan gerakan aksi bersih pertama di jalur Cibodas yang berhasil. Dengan melakukan sweeping sampah dari Kandang Badak sampai BB TNGGP sekaligus memulai kampanye merubah perilaku dan kebiasaan buruk yang sering dilakukan pendaki.

Gagasan / Ide ini tercetus pada tanggal 23 October 2011 saat pendakian Gunung Merbabu-Merapi, Jawa Tengah oleh 3 Pendaki yaitu; Rage (Ketua TC), Edo & Reynaldi. Yang mempunyai mimpi yang sama; “Akan lebih indah jika gunung-gunung di Indonesia bebas dari sampah”,”dan akan lebih mudah jika kita melakukannya bersama dalam arti kita buat ini menjadi gerakan nasional.

“Tujuan didirikanya komunitas ini untuk merubah perilaku dan kebiasaan pendaki menjadi pendaki yang bertanggung jawab dan berwawasan konservatif dan menjadikan gunung-gunung di Indonesia bebas dari sampah.” tambah Imam.

Share This: