Hujan Lebat Masih Terjadi dalam Beberapa Hari ke Depan

Petugas bekerja keras mendorong air yang menggenai sebagian peron Stasiun Pasar Minggu, Rabu (1/2) - Foto: HW
_

 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat agar mewaspadai kemungkinan hujan lebat dalam beberapa hari ke depan.

Perkembangan kondisi dinamika atmosfer wilayah Indonesia, menurut BMKG, menunjukkan adanya indikasi potensi kejadian hujan lebat dalam beberapa hari ke depan, terutama di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

BMKG menyatakan, dalam 3 hari ke depan hujan lebat juga berpotensi turun di wilayah Bangka Belitung, Jawa Barat bagian Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Hujan lebat juga berpeluang mengguyur wilayah Kalimantan Tengah bagian selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah bagian selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan.

Potensi hujan lebat antara lain dipengaruhi oleh masih aktifnya muson dingin Asia dan adanya tekanan rendah di utara Australia, yang mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan massa udara dan belokan angin di beberapa lokasi di Indonesia termasuk wilayah utara Jakarta.

Untuk itu BMKG mengimbau masyarakat tetapwaspada dan siaga mengantisipasi banjir, lahar dingin, dan tanah longsor.

Jabodetabek awan tebal pada pagi hari dan mulai turun hujan di sore hari. Di Depok dan Tangeran hujan disertai dengan petir. Malam hingga dinihari juga terjadi hujan local dan hujan ringan di beberapa tempat, di wilayah Jabodetabek.

Hujan deras yang mengguyur Jabotabek Rabu (1/2) siang hingga sore membuat Kali Sasak yang melewati kawasan Jati Padang, Pasar Minggu, meluap. Akibat luapan, jalan Raya Ragunan di dekat lampur merah digenangi air sehingga terjadi kemacetan. Air sungai juga meluap di Jalan Pejaten Raya, sehingga rus kendaraan tersendat, karena banyak pengemudi yang mengurangi laju kendaraannya.

Akibat hujan deras disertai angina kencang, sebagian lantai person stasiun Pasar Minggu juga digenangi air, membuat penumpang yang menunggu kereta tidak nyaman. Petugas harus bekerja keras mendorong air ke rel untuk mengurangi genangan. Hujan berlangsung sejak pukul 14.00 turun merata di Bogor, Depok dan Jakarta. Hujan baru reda 16.30.

Hujan lebat juga turun di Bogor, membuat sebagian anak-anak sekolah yang berdiri di pinggir jalan untuk menyambut kedatangan Raja Salman dari Arab Saudi, membubarkan diri.

 

 

 

 

Share This: