I.Ki, Paguyuban Musisi dan Penyanyi yang Cinta Indonesia.

Pengurus dan anggota I.Ki, di antaranya Reny Djayoesman (kacamata) dan Sylvia Saartje (kedua dari kanan) menyanyi bersama di acara HUT ke.3 I.Ki di Dimsum Kemang Jakarta, Kamis (15/11) malam. - Foto: HW
_

Musisi rock, sesuai dengan jenis musik yang diusungnya, telah distigma menjadi golongan pemusik yang hidup bebas, egois, urakan dan tidak peduli dengan lingkungan sosialnya.

Jumpa pers Pengurua I.Ki (Foto: HW)

Hidup mereka adalah musik, minuman keras, narkoba dan seks bebas. Segala jenis kemaksiatan seolah lekat dengan pengusung aliran musik ingar-bingar ini. Jadi, jangankan sikap nasionalis, terhadap kehidupan sosial saja pemusik golongan ini tak peduli.

Stigma itu coba dihapus oleh sekumpulan musisi rock yang tergabung dalam paguyuban bernama Indonesia Kita (I.Ki).

I.Ki berdiri tanggal 15 November 3 tahun yang lalu, sebagai wadah para musisi untuk menggaungkan lagu-lagu cinta tanah air, kebangsaan dan toleransi atas sesama. Mini album perdana I.Ki menjadi bagian dari kampanye ‘Bela Negara‘ Kementerian Pertahanan.

Lagu tema yang lahir dari album pertama adalah ‘Indonesia Kita’ karya Jelly Tobing, didampingi dengan lagu-lagu ASAP (Amiroez lirik Renny Djajoesman dan Damhuri ), Kita Adalah Satu (Sylvia Saartje / Amiroez ), ‘Indonesiaku’ (Irish Wismoyo) dan Nusantara Satu (alm. Tonny Koeswoyo).

Lintas Genre, Lintas Usia.

Pada awalnya Komunitas Musisi Penyayi I.Ki dibangun oleh beberapa musisi senior, atas inisiatif rocker wanita yang dikenal juga sebagai pembaca puisi Renny Djajoesman dan drummer Rere. Keduanya lalu mengontak drumer senior Jelly Tobing, dan lady rocker asal Kota Malang, Sylvia Saartje. Dari situ kemudian berhasil mengumpulkan banyak musisi pernyanyi senior; dominan musisi rock.

Dipimpin Ketua Umum Renny Djajoesman, dan Penasehat I.Ki Letjen Ediwan Prabowo yang saat itu menjabat Sekjen Kemenhan, Komunitas Musisi I.Ki yang awalnya hanya didukung oleh 40 an musisi dan penyanyi rock, berhasil merapat di Kementerian Pertahanan. Mini album itu menjadi bagian dari kempanye Bela Negara Kemenhan, dan judul albumnya Bela Negara Indonesia.

Mini album ini sempat dipresentasikan di depan masyarakat luas di lapangan Silang Monas Jakarta, pada Desember 2016, dihadiri oleh Menhan RI Jenderal (Pur) Riamizar Riacudu dan para pejabat Kemenhan.

Dalam formasi sekitar 60 an orang musisi penyanyi, dan Iebih 50 crew panggung dari Don Sistem Suara (DSS) milik Donny Hardono, Komunitas Musisi I.Ki diundang tampil di Surabaya dalam rangka HUT RI, oleh Kapolda Jawa Timur (saat itu ) lrjen (Pol) Anton.

”Ini adalah pementasan I.Ki yang terbesar dan terheboh, sebelumnya ultah I.Ki pertama kami peringati dalam sebuah pementasan di Bentara Budaya, Jakarta,” ujar Renny Djajoesman.

Sejak manggung di Surabaya itulah, I.Ki mulai didukung oleh banyak musisi lintas genre rock, pop, reggae, jazz, lintas usia (Riffy Putri, lkmal Tobing, Taraz Bistara, Damon Koeswovo dan lain-lain), lintas kota (Jakarta, Malang, Surabaya, Bandung).

AwaI tahun 2018, Donny Hardono leader band ‘serba bisa‘ Audiensi dan pemIIIk vendor penyewaan tata suara, tata lampu, srudio rekaman dan panggung paling kondang di Indonesia yang juga Pengurus I.Ki berinislatlf merekam album baru yangdlbawakan anggota I.Ki, dan album dengam juduI Kebersamaan im diriIis jelang penutupan pendaharan peserta AMI Awards 2018, yakni akhir Juni 2018.

Donny Hardono dan kakaknya, gitaris: dan vokaIis Prass. menyumbang satu Iagu berjudul I.Ki, Iagu ini dimainkan dan dknyanyikan oleh 48 musisi dan penyanyi I.Ki yang sempat hadir dI studio rekaman DSS dan menjadi Iagu tema yang masuk penjurian Kategorisasi AMI Awards 2018.

Album yang dIberI judul Kebersamaan berisi 11 Iagu antara laIn Untuk Sang Garuda (Boym), Indonesla Beraksi (Tara: Bustara), Bangkit Indonesiaku (Trlson Manurung ), Agen Perubahan (Che Cupumanik / Yoel) karena berisi album dengan dominasI musll: rock, Dewan .IurI KategonlsasI AMI Awards 2018 memasukkan album Kebersamaan I KI daIam nomlnee Album Rock Terbalk Anugenh Musik Indonesla ( AMI Awards I 2018. dan memenang l penghargaan sebagai Album Rock Terbaik AMI Awards 2018 dari produksl DSS Music.

Album Kebersamaan didukung oIeh sekitar 70 anggota I.Ki, yang tidak semuanya muslsl penyanyi, seperti Ediwan Prabowo, dan Mas Koko penasehat I KI yang menetap di Surabaya.

Selama 3 tahun merasakan susah senang bersama, anggota I.Ki tetap kompak dalam menjaga kebersamaan. Tekad untuk menggelorakan rasa cinta tanah air nampaknya sudah tertanam di hati setiap anggota.

Segala perbedaan, baik usia, etnik, agama bahkan pilihan politik, tidak menjadi penghalang dalam hubungan antaranggota. Dan I.Ki terbuka untuk musisi apapun untuk bergabung, walau tidak dimungkiri, warna rock sangat kental ketika mereka tampil di panggung.

“Keinginan kami adaIah, I.Ki bisa menjadi komunitas musisi penyanyi Indonesna, yang terbuka bagi siapa saja pekerja senI Indonesia. Supaya kita kompak dan satu visi untuk menjadikan muslk lndonesia lebih baik,” kata Renny Djajoesman.

Selama tiga tahun tumbuh bersama, eksistensi I.Ki semakin terlihat. I.Ki semakin solid, setiap anggota memiliki rasa kebersamaan yang kuat.

Namun baik pengurus maupun anggota tidak ingin meningkatkan status paguyuban menjadi sebuah organisasi yang terikat aturan ketat seperti AD / ART.

“Sementara kami akan tetap seperti ini, supaya tetap terbuka dan menjaga kebersamaan para anggota. Kami ini sudah lebih dari sekedar teman seprofesi, rasa persaudaraan di I.Ki sangat kuat,” kata Pengamat Musik Bens Leo yang menjadi Penasihat I.Ki, di tengah acara Hari Jadi I.Ki ke-3 di Dimsum Kemang Jakarta,
Kamis (15/11/2018) malam.

Selain perayaan Ultah ketiga IKI, juga dilakukan launching resml album Kebersamaan (dalam bentuk digital dan fisik CD ) dan Sukuran alas Prestasi I.Ki menerIma Penghargaan Produksl Album Rock Terbaik AMI Awards 2013 dan Artis Pennyanyi Album Rock Terbaik.

Share This: