Ibu Negara Afganistan Ajak GKR Hemas Kerjasama Tingkatkan Peran Perempuan

Ibu Negara Afganistan Rula Ghani (kiri) dan GKR Hemas (Foto; ist)
_

Ibu Negara Afganistan, Rula Ghani, secara khusus bertemu dengan GKR Hemas untuk mendiskusikan peran perempuan dalam lawatannya ke Indonesia awal pekan ini (4/12). Pertemuan berlangsung satu jam lebih yang dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise, sejumlah anggota KPPRI, dan perwakilan dari kelompok pemerhati isu perempuan.

Kepada GKR Hemas, Rula Ghani menyatakan ketertarikannya pada peningkatan peran perempuan di Indonesia. Ia ingin mempelajari lebih dalam sebagai perbandingan untuk meningkatkan peran perempuan di Afganistan.

GKR Hemas sebagai Ketua Presidium Nasional Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPPRI) memberikan gambaran dan data mengenai status kepemimpinan perempuan.

“Perempuan telah memberi banyak warna dalam berbagai bidang pembangunan di Indonesia dan masih terus bergerak untuk meningkatkan kapasitas dan mengejar ketertinggalan,” kata Hemas.

Rula Ghani kemudian menceritakan ada banyak kesamaan kondisi Indonesia dan Afganistan. Dalam soal perbedaan agama, misalnya, tidak menjadi halangan untuk bekerja sama. 

Ia mencontohkan dirinya sendiri yang berasal dari keluarga Kristen Libanon dan menikahi Presiden Ashraf Ghani yang berasal dari keluarga Muslim, “Hal tersebut tidak menjadi kendala sebagai keluarga dan sinergi untuk melakukan yang terbaik untuk Afganistan,” kisahnya.

Rula Ghani mengundang GKR Hemas berkunjung ke Afganistan untuk mempererat kerjasama meningkatkan peran perempuan. Ia menyerahkan cendera mata berupa peta Negara Afganistan yang diukir di atas lempeng batu.

Share This: