ICTM Digelar di 5 Kota untuk Pacu Pemulihan Ekonomi dan Pariwisata

_

Guna membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandeml COVID-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan PT Biztrips Teknologl Multimedia Sokusi akan menyelenggarakan kegiatan Indonesia Corporate Travel and MICE (ICTM).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menggerakan kembali perekonomian dengan memanfaatkan kegialan Meeting, IncentNe, Convention, Exhibition (MICE) domestik yang telah mulai aklif kemball.

ICTM merupakan kegiatan business to business untuk corporate travel dan Industri MICE di masa tatanan kenormaIan baru, yang akan diseienggarakan di 5 kota, yaitu Jakarta, Bogor, Bali, Yogyakarta. dan Malang, mulai pedengahan September sampai dengan akhir Desember 2020.

ICTM akan menampilkan llma program utama antara lain talkshow, seller workshop, buyers meet sellers, buyers exchange forum, gala dinner serta post tour. Pada pelaksanaan tahun lni, fokus utama ICTM akan Iebih kepada program business to business yang akan mempertemukan 30 buyers yang merupakan Korporat besar di Indonesia dengan 30 sellers yang merupakan penyedia jasa MICE di Indonesia.

Rizki Handayani. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kemenparekraf, berharap pelaksanaan ICTM tahun ini dapat menjadi saIah satu motivasi positif kepada lndustri MICE di Indonesia untuk tetap optimis dan terus produktif di masa yang tidak menentu saat ini.

Selain itu juga diharapkan pelaksanaan ICTM dapat menjadi ajang untuk membangun kapasitas dan kapabilitas stakeholders MICE yang terlibat dengan saling berdiskusi dan meningkatkan networking untuk mendapatkan new insights, sehingga dapat saling berkolaborasi dan menjadikan sektor MICE kembali bangkit dan menjadikan Indonesia sebagai destinasi MICE yang aman, nyaman dan memiliki value proposition yang dapat memenangkan persaingan di dunia intemasional.

“Sejak bulan Maret tahun ini industri pariwisata terhenti akibat dampak pandemi yang masih tersisa saat ini. Tetapi Industri pariwisata harus tetap bergerak. Tujuan ICTM ini memotivasi industri pariwisata untuk bergerak.
Fungsu pemerintah adalah memberi fasilitasi. Kami gembira ada pihak yg berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini,” kata Rizky Handayani dalam penandatanganan kerjasama antara Kemenparekraf, pihak MNC Grup dan pendiri ICTM.

Menurut Rusli, ubtuk menggerakan pariwisata, pertemuan-pertemuan instansi pemerintah tetap dilaksanakan meski tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Sekarang pemerintah didorong, agar perjalanan dinas dilakukan. Destinasi dibuka. Nanti kegiatan ini diadakan di Bali, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan Bogor.
Kegiatan ini partisipasi pemerintah untuk mendorong industri MICE,” tambah Risky.

Untuk menggerakan sektor MICE, protokol sudah disiapkan. Payung besarnya adalah protokol kesehatan dari Kemenkes.

Dalam pelaksanaan ICTM mendatang,
targetnya akan mengundang 30 qualified buyers setiap event di setiap kota, yang akan dipertemukan dengan 30 seller.

“Besar harapan kami agar Indonesia Corporate Travel and MICE (ICTM) dapat menjadi platform yang baik bagi semua key stakeholders untuk saling terhubung, saling berbagi, saling belajar, dan saling mendukung pertumbuhan bisnis, serta bersama-sama mengakselerasi kembalinya periumbuhan ekonomi di sektor pariwisata Indonesia,” kata Johanes Chang, Founder & Event Director, Indonesia Corporate Travel and MICE.

Share This: