KPK Perlu Bentuk Unit Keamanan Khusus

_

Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW), Emerson Yuntho, menyarankan agar Komisi Pemverantasan Korupsi (KPK) untuk memiliki unit keamanan KPK (Guardian of KPK). Menurutnya ini penting, sebab belajar dari kejadian — berbagai teror —  terhadap KPK selama hampir 14 tahun terakhir ini.

“Unit ini penting dibentuk untuk melepaskan ketergantungan masalah keamanan di KPK dengan pihak lain seperti Kepolisian,” ujarnya dalam keterangannya, Jumat (14/4/2017).

Ia menjelaskan bahwa, unit ini mengadopsi seperti tim SWAT di Kepolisian Amerika. Dimana nantinya mereka (Guardian of  KPK) direkrut dan dilatih secara khusus dan bahkan dapat dipersenjatai.

“Unit Keamanan KPK ini bertugas antara lain sebagai pengawal (bodyguard) penyidik, pegawai dan pimpinan KPK dalam kondisi khusus; melakukan operasi senyap atau pengamanan untuk membantu tugas-tugas dibidang penindakan termasuk OTT; dan melakukan pengusutan dan penangkapan pelaku teror terhadap KPK,” ungkapnya.

Menurut Emerson,  anggota tim ini nantinya direkrut secara mandiri oleh KPK sehingga memiliki loyalitas terhadap KPK, bukan ke instansi lain.

Share This: