Indro Warkop: Jangan Berusaha Melucu Dalam Film

balai-kita-photo-indro-warkop
Indro Warkop (Foto HW)
_

Komedian senior Indro Warkop memberi nasihat kepada setiap pemain, agar menghindarkan keinginan untuk melucu dalam film. Karena bila itu dilakukan, akibatnya akan fatal: bukan kelucuan yang timbul, tetapi film itu malah menjadi tidak lucu.

“Saya mengamati, kegagalan film komedi Indonesia adalah karena orang mau melucu dalam film. Salah satu teori dalam stand-up comedy adalah don’t try to be funny, teori itu bisa dibaca,” kata Indrodjojo Kusumonegoro atau yang lebih dikenal dengan panggilan Indro Warkop, usai pemutaran film Security Ugal Ugalan di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (17/01/2017).

Menurut pemain komedi kelahiran Purbalingga, Lahir: 8 Mei 1958 dalam setiap film komedi yang dimainkan, ia melakukan akting sebagaiman aktor lainnya. “Kita mengikuti skenario, kita berakting sama seperti aktor lainnya, jadi tidak sedang melucu. Tetapi skenarionya memang harus lucu,” tambah Indro.

Dalam film Security Ugal Ugalan Indro berperan sebagai komandan satpam yang memiliki beberapa anak buah, termasuk beberapa satpam cantik yang diperankan oleh Alexa Key dan Duo Srigala. “Nah karena punya anak buah cantik, kadang-kadang kita sulit menahannya,” kata Indro sambil tertawa. Indro sendiri tidak menjelaskan apa yang dimaksud tidak tahan itu.

Pada intinya, menurut Indro, jenis film komedi slapstick atau komedi situasi, seorang pemain tidak boleh berusaha untuk melucu. Biarkan scenario yang mengarahkannya.

Slapstick  adalah jenis komedi fisik yang mudah dicerna dan bermain dalam lingkup yang luas dan mencakup tiga hal utama yaitu derita, celaka dan aniaya. Komedi Slapstick biasanya lebih mengandalkan kelucuan gerak adegan ketimbang dialog atau monolog yang dibangun pemainnya. Contohnya: seorang Komedian yang terjatuh dari kursi, Saling dorong ke properti yang terbuat dari stereoform, Memasukkan benda asing ke dalam mulut, Melempar kue pie ke wajah seseorang. (*)

 

Share This: