Instrumental Lagu-lagu Manis JK Record di Ujung Jari Jubing Kristianto.

Jubing Kristianto dan Reda Gaudiamo (Foto: hw)
_

Jubing Kristianto gitaris akustik terkenal yang telah melahirkan beberapa album instrumen lagu dengan gitar solo, memasuki babak baru dalam karier bermusiknya.

Jubing Kristianto, Sevi Xiu, Redha Giudamo dan Leonard Nyo Kristanto (hw)

Dengan keahlian jari-jarinya menari di atas senar gitar untuk melahirkan musik-musik indah, Jubing tidak lagi memainkan instrumen yang njlimet untuk masyarakat berselera musik tinggi, melainkan tengah berupaya memanjakan penggemar musik pop manis.

Langkah baru Jubing tidak terlepas dari tawaran yang diterimanya dari JK Record, produser musik tahun 80-90an yang dikenal dengan lagu-lagu pop melankolis.

“Awalnya Pak Nyo ngajak saya membuat album instrumental. Lagu-lagu JK kan terkenal, saya tahu.
Nah buat saya, ini adalah tantangan, membuat album instrumental, tanpa kata kata,” ujar Jubing ketika ditemui di Kedai Tjikini, Cikini Raya, Jakarta, Senin (26/11/2018).

Album yang instrumental Jubing Kristanto terbaru: ini diberi judul “Kasmaran”, berisi 14 lagu yang menjadi hits JK Records pada masanya.

“Ini merupakan produk lama tapi dengan warna baru.
Prosss kreatifnya tidak sulit banget, lagunya easy listening. Orang bisa mendengarkan sambil membawa mobil, baca buku, sambil istirahat di rumah,” kata Jubing.

Untuk album ini hanya Jubing hanya memainkan gitar tunggal. Kalau terdengar ada suara instrumen berbeda, Jubing melakukannya dengan overdubb.

Dengan finger style-nya. Jubing menterjemahkan lagu-lagu JK menjadi sesuatu yang baru, segar. Tanpa kehilangan jejak melodinya yang khas.

“Saya ini dasarnya gitar klasik, biasanya main rumit-rumit biar kesannya jago. Tapi di sini saya tidak mau menyimpang jauh dari musik JK Record,” tambah mantan jurnalis tabloid Nova itu.

Pilihan lagu dilakukan lubing bersama Nyo. Ada 14 lagu yang terpilih, dengan dua lagu di antaranya dinyanyikan oleh Roda Gaudiamo -’Tak lngin Sendiri’ dan Sevi Xiu ‘Aku Cinla Padamu’.

CEO JK Record Leonard Nyo Kristanto menuturkan, ide pembuatan album ini bermula ketika JK Record “ngebranding” perusahaan rekamannya. Saat itu JK ingin memperkenalkan lagu JK untuk generasi milenial.

“Awalnya kami bercanda, kenapa ya enggak bikin album. Lucu kali ya kalau JK (Record) pake JK (Jubing Kristianto) juga. JK sama JK, ya akhirnya kita buat konsepnya, lagu-lagu apa yang dipilih. Saya pikir bagus juga ya kalau ada vokal juga dalam di sini,” tutur Nyo.

14 lagu yang dimasukin album ini hanya sebagian kecil dari hits JK Record. Sejak tahun 80-an setidaknya ada 40 penyanyi yang bergabung dengan JK Record, dan sudah begitu banyak hit yang dilahirkan.

Beberapa penyanyi yang mencuat namanya bersama JK Record antara lain Dian Pesesha, Ria Angelina, Hedy Diana, Chintami Atmanagara, Obbie Mesakh, Wahyu OS dan lain-lain.

 

 

 

 

 

Share This: