Irman Akui Ada Pertemuan Dengan Setya Novanto

_

Adanya nama Ketua DPR Setya Novanto dalam kasus e-KTP semakin jelas. Terdakwa Kasus dugaan korupsi pengadaan KTP Elektronik (e-KTP), Irman mengungkapkan, Andi Agustinus alias Andi Narogong tekah menjadi perantara pertemuan dengan SN di Gran Melia Jakarta.

Dalam pertemuan itu, selain dirimya, hadir pula Sekertaris Jendral Kementerian Dalam Negeri, Diah Anggraini, Giarto, Andi Narogong dan SN (Setya Novanto).

“Terkait pertemuan di Gran Melia, anda bisa jelaskan?,” tanya Hakim Ketua, Jhon Halasan Butar butar kepada Irman di PN Jakarta Pusat, Senin (12/6/2017).

“Awalnya Andi menawarkan kepada saya untuk ketemu SN, karena kata Andi waktu itu, kunci anggaran bukan di komisi II tapi di SN. Kalau SN mau bantu proyek ini, anggota dewan akan mau ikut dia,” jawab Irman.

Dijelaskan pula Irman saat pertemuan tersebut yang berlangsung di Gran Melia Jakarta datang juga Sekertaris Jendral Kementerian Dalam Negeri, Diah Anggraini dalam pertemuan itu.

“Ternyata ada Diah. Jadi ada saya, pak Giarto, SN, Diah dan Andi. Dan itu pada waktu lalu yang tidak diakui sama Andi beberapa waktu lalu dipersidangan padahal waktu iti sudah diakui pula oleh ibu Diah,” jelas Irman.

Dalam pertemuan singkat tersebut, dijelaskan SN akan mendukung sepenuhnya terkait program e-KTP.

“e-KTP saya dukung sepenuhnya. Setelah itu dia pergi. Seminggu setelahnya Andi ketemu saya dan ajak ke SN di ruang ketua fraksi Golkar di Senayan. Andi waktu itu bilang anggaran gimana, terus SN bilang sedang dikoordinasikan. Pas selesai saya keluar, dan saat keluar ruangan SN bilang perkembangannya hubungannya dengan Andi,” papar Irman.

Dalam surat dakwaan Irman dan Sugiharto dipaparkan, pertemuan tersebut berlangsung cukup singkat sekitar pukul 06.00 WIB. Ada lima orang hadir dalam pertemuan tersebut, Sugiarto selaku pejabat pembuat komitmen Kemendagri, Irman selaku Dirjen Dukcapil Kemendagri, Diah Anggraeni sebagai Sekjen Kemendagri, Andi Narogong, dan Setya Novanto.

 

Share This: