Jakoweek 2018 Akan Pertemukan Petani Kopi dan Pembeli.

_

Minum kopi kini sudah menjadi gaya hidup selaligus kebutuhan bagi masyarakat di kota-kota besar, termasuk di kalangan generasi muda.

Kiri-kanan: Willyanto, Muhammad Gumilang dan Nicholas Kitten. (Foto: HW)

Meningkatnya jumlah peminum kopi, berdampak positif bagi petani kopi di tanah air. Budidaya kopi terus berkembang, perkebunan kopi terus bertambah, dan keterlibatan perusahaan-perusahaan besar juga semakin dalam.

Untuk merayakan gaya hidup tersebut, ABCD School of Coffee dan HYPE, sebuah sekolah untuk mendidik barista dan tenaga ahli perkopian, kembali akan menggelar Jakarta Coffee Week (Jakoweekzom) diadakan di PIK Avenue, Grand Ballroom Lt. 7, Pantai Indah Kapuk, Jakarta utara, pada 28-30 September 2018. Penyelenggaraan tahun ini merupakan yang ketiga.

“Tujuan diadakannya event ini pertama ingin mensupport alumni ABCD yang sudah banyak membuat kedai kopi. Kedua, kami memfasilitasi para petani dan pembeli untuk bertemu. Mereka bebas melakukan transaksi di sini,” kata General Manager ABCD School of Coffee and Hype, Willyanto di Jakarta, Selasa (18/9).

Willy menambahkan, perkembangan bisnis kopi sangat pesat. Setiap hari ada lowongan barista. Untuk event inipun pesertanya sangat besar.

“Kalau tidak dibatasi jumlahnya bisa lebih 200. Tahun ini sudah 120 tenan, dari kopi, teh, dan coklat,” tambah Willy.

#Jacoweekzom 2018 didukung oleh Bank Mandiri. Menurut Senior Vice President Consumers Deposit Bank Mandiri, Muhammad Gumilang, pihaknya berkomitmen untuk membantu mengembangkan produk lokal.

“Di event in, kami ingin mengkombinasikan nikmatnya kopi nusantara dengan kenyamanan dan kemudahan pembayaran transaksi terkenal ala bank mulik negara yang memlliki komltmen kuat untuk memakmurkan negeri,” kata Gugi, panggulan akrabnya.

 

Dua kompetisi besar diadakan di #Jacoweek2018. Yang pertama adalah Indonesia AeroPress Championship 2018; sebuah kompetisi seduh manual menggunakan alat AeroPress.

Sebanyak 108 juru seduh dan barista terbaik dari seluruh IndoneSIa akan memperebutkan titel juara nasional. Juara Nasional ini, dengan dukungan dari Kedutaan Besar Australia, akan dlkirim untuk mewakili Indonesia di World AeroPress Championship 2018 di Sydney, Australia.

Counsellor, Public Diplomacy Section, Australian Embassy Jakarta, Nicholas Kittel menyatakan, Australia dan Indonesia memlllki rasa keclntaan yang sama pada kopl dan pengaruh dari budaya kopi Australia dapat dlllhat dari atmosfer kafe-kafe yang ada di Indonesia.

“Sebagai bentuk komltmen kami, Kedubes Australia akan menghadlrkan Andy Easthope, manajer National Coffee Academy Grinders Coffee asal Melbourne di Jacoweek. Andy akan berbagi pengalamannya dalam pembelajaran dan pengembangan kualltas kopl di Jacoweek 2018. Para petani kopi Indonesia yang dudukung oleh program Australia untuk pembangunan pedesaan, PRISMA, juga akan berpartisipasi dalam Pasar Kopi,” kata Kittel.

 

 

 

Share This: