Jaksa KPK, Pertimbangkan Putusan Hakim Tipikor Terkait Aliran Uang ke Amien Rais

_

Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mempertimbangkan keputusan Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi yang tidak akan memproses aliran dana sebesar Rp 600 juta yang masuk ke Amien Rais, dalam kasus korupsi Alat Kesehatan dengan terdakwa Mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari.

“Fakta-fakta itu tentunya harus diperdalam kaitan nya diluar perkara ini,” ungkap JPU KPK, Ali Fikri di PN Jakarta Pusat, Jumat (16/6/2017).

Dijelaskan oleh Ali, bahwa fakta-fakta aliran dana dalam persidangan Siti Fadilah sudah cukup menjelaskan asumsi jaksa. Namun diakuinya, fakta-fakta hukum berdasarkan alat bukti yang cukup.

“Kami akan berdiskusi. Ada evaluasi dan kemudian harus ada kajian kajian tersendiri. Tetapi untuk ini, sudah masuk fakta fakta pemeriksaan dan itu saya fikir sudah jadi fakta hukum yang sangat jelas,” paparnya.

Seperti diketahui, Majelis Hakim tindak pidana korupsi tidak akan memprosesnya lebih lanjut terkait aliran dana dari Soetrisno Bachir Foundation (SBF) sebesar Rp.600 juta yang dikirim ke Amien Rais pada tahun 2007 terkait dengan kasus pengadaan alkes pada tahun 2005.

“Karena uang yang ditransfer ke Sutrisno Bachir dan ke Amien Rais itu tidak dapat dipastikan berasal dari proyek alkes atau bukan, sehingga majelis tidak akan memprosesnya lebih lanjut. Tidak ada kaitannya dengan perkara yang sedang membelit terdakwa Siti Fadillah Supari,” ungkap Hakim Anggota Diah Siti Basariah sore tadi.

Sebelumnya dalam persidangan pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu (31/5) lalu Jaksa Penuntut Umum KPK, Ali Fikri menyebut dua petinggi PAN Amien Rais dan Sutrisno Bachir menerima uang hasil korupsi pengadaan alat kesehatan di Kementerian Kesehatan tahun 2005.

Sutrisno Bachir disebut menerima Rp 250 juta pada 26 Desember 2006. Sementara uang mengalir ke rekening Amien Rais berjumlah Rp 600 juta yang ditransfer sebanyak enam kali oleh Yurida Adlaini, Sekretaris Yayasan Sutrisno Bachir Foundation.

Rincian uang yang ditransfer ke Amien Rais yakni: 15 Januari 2007 Rp 100 juta, 13 April 2007 Rp100 juta, 1 Mei 2007 ke Rp 100 Juta, 21 mei 2007 Rp100 juta, 13 Agustus 2007  ke amien sejumlah Rp 100 Juta dan 3 November sejumlah Rp 100 Juta.

 

 

Share This: