Jika Pemilihan Presiden Hari Ini, Jokowi Menang

Joko Widodo bersama tokoh agama menemui pendukungnya di Lapangan Monas, usai dilantik sebagai Presiden RI, tahun 2014 lalu. (Foto: HW)
_

 

Pemilihan Presiden baru akan berlangsung tahun 2019, masih 3 tahun lagi. Tetapi bila pemilihan presiden diadakan hari ini, Joko Widodo (Jokowi) yang kini menjabat sebagai Presiden RI, akan menang.

Dari hasil survey yang dikeluarkan oleh Indikator Politik Indonesia (IPI) di Jakarta, Jum’at (10/2), Jokowi unggul dari tokoh-tokoh politik lain, baik yang sudah pernah menjadi presiden, pernah mencalonkan diri jadi presiden, wakil presiden, pimpinan partai politik, kepala daerah, menteri, maupun tokoh di bidang lainnya.

Hasil simulasi terbuka (top of mind) yang dikeluarkan IPI menunjukkan, Joko Widodo mendapat dukungan 30,9 %, disusul oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto 21,6 persen.

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono berada di posisi ketiga dengan dukungan 2,8 % disusul puteranya Agus Harimurti Yudhoyono yang kini mencalonkan diri menjadi Calon Gubernur DKI, mendapat 2,4 %. Di bawah Agus ada Anies Baswedan (2,2 %), Basuki Tjahaya Purnama (1,7 %), dan Gatot Nurmantyo (1,5 %).

Nama-nama seperti Ridwal Kamil, Yusuf Kalla, Aburizal Bakrie dan Sandiaga Uni berada di bawah 1 % dan di atas 0,5 persen. Ridwan Kamil mendapat 0,9 % mengungguli Jusuf Kalla yang mendapat 0,6 %, disusul Aburizal Bakrie (0,6 %) dan Sandiaga Uno (0,6 %).

Dibandingkan survey sebelumnya, pada Januari 2017, dukungan terhadap Joko Widodo, Prabowo Subianto dan Susilo Bambang Yudhoyono menguat. Pada Januari 2017 dukungan terhadap Jokowi 22,7 %, untuk Prabowo 18,2 % dan dukungan terhadap SBY 10,9 %.

Nama-nama lain yang disurvey adalah Chariul Tanjung, Fauzi Bowo, Hary Tanusudibjo, Ganjar Pranowo, Habib Riziek Shihab, Hidayat Nurwahid, Rhoma Irama, Wiranto, Surya Paloh, Ahmad Heryawan, Soeharto, Sri Mulyani Indrawati, BJ Habibie, Megawatie Soekarnoputri dan Sutiyoso. Semua mendapat antara 0,1 – di bawah 0,5 persen.

Share This: