Kadir Sanggah Tudingan Tak Bisa Melucu Sendiri

Kadir (Foto: HW)
_

Pelawak eks anggota Srimulat, Kadir, menyanggah tudingan pelawak lama angkatannya tidak bisa melawak sendirian. Sanggahan itu disampaikan untuk menjawab pertanyaan wartawan dalam jumpa pers pemutaran trailer film Generasi Kocak 90-an Vs Komika, di Jakarta, Selasa (24/1) siang. Sebelumnya seorang wartawan mengatakan pelawak lama seangkatan Kadir sulit melucu sendirian, karena biasa tampil ramai-ramai dalam sebuah grup, berbeda dengan komika yang bisa tampil sendiri dalam panggung stand-up comedy.

“Saya ini dulu pemain ludruk. Kalau main ludruk itu mesti melawak sendiri. Kalau sekarang kan dibilang stand-up, kalau dulu dibilang nyolo, asal kata solo, sendirian. Jadi setiap mulain kita nyolo, setelah itu beberapa waktu kemudian baru yang lain ke luar. Nah giliran nyolo itu bergantian. Sekarang siapa, besoknya siapa,” tandas Kadir.

Menurut pelawak yang bergabung dalam kelompok ludruk Srimulat ini, di Srimulat setiap pemain dituntut untuk bisa melawak sendiri, pada saat pementasan dimulai. “Kita di Srimulat biasa begitu. Justru pelawak-pelawak muda itu masuk Srimulat tidak bisa. Sebab apa, stand-up komedi itu pakai konsep, sedangkan Srimulat improvisasi.”

Share This: