Kak Seto: Anak-anak Perlu Tontonan yang Baik

Karakter Keluarga Somat (berdiri) bersama produser, Kak Seto (jongkok kedua dari kanan) dan Pengamat Film Yan Widjaya (jongkok paling kanan) - Foto: HW
_

Anak-anak selalu belajar dari lingkungannya. Bisa dari orang-orang sekitarnya, benda-benda, hewan, bahkan film dan lagu-lagu. Isi sebuah film akan membentuk karakter mereka. Jika isinya positif maka hasilnya pun akan postif, tetapi jika isinya negatif, maka karakter anak menjadi negatif.

Psikolog yang dikenal pula sebagai tokoh pendidik anak Dr. Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si. atau biasa dikenal sebagai Kak Seto, mengatakan hal itu di tengah peluncuran dvd Keluarga Somat, yang berlangsung di gerai CFC Jalan Bangka Jakarta, Senin (14/9/2018).

“Mendidik anak, melindungi anak, perlu dilakukan oleh semua orang, tidak hanya orangtua, tetapi juga produser , sutradara, atau siapapun. Kalau IQ manusia itu faktor bawaan, tetapi emosional quotation (EQ) dan moral quotion terbentuk oleh lingkungan,” kata Kak Seto.

Menurut wartawan senior, pengamat film Yan Widjaya, film anak sangat disukai oleh anak-anak, tetapi sayang bioskop memiliki layar terbatas, sehingga jarang film anak yang bisa bertahan lama di bioskop.

“Tahun ini, dari 120 judul produksi film Indonesia, 4 di antaranya film anak. Dua judul termasuk bagus penontonnya hingga bisa bertahan agak lama, tetapi satu judul tidak bisa bertahan karena kurang penonton. Dengan adanya dvd seperti Keluarga Somat ini, anak-anak punya kesempatan untuk menonton di rumah. Saya kira ini bagus sekali,” kata Yan.

Keluarga Somat adalah serial animasi Indonesia yang diproduksi oleh Dreamtoon. Keluarga Somat ditayangkan di Indosiar, tahun 2013.

Film animasi ini mengisahkan sebuah keluarga sederhana, namun penuh hiruk pikuk dan ceria. Pak Somat, kepala keluarga, adalah pegawai pabrik yang memiliki istri bernama Inah dan dua orang anak bernama Dudung dan Ninung.

Penjualan DVD Keluarga Somat merupakan kerjasana Formula Pictures dengan CFC. DVD yang dijual berjudul The Best of Keluarga Somat.

Berbagai keberhasilan telah diperoleh Film Animasi Keluarga Somat, antara lain : Anugeah Komisl Penyiaran Indonesia (KPI) kategorl Program Animasl Terbaik dan Animasl Anak. Bahkan rating share  Keluarga Somat berhasil menggusur rating Fllm Animasi Impor.

Film Animal The Best of Keluarga Somat akan rilis dalam versl DVD Film, yang berisi beberapa kumpulan episode terbaiknya. DVD-nya sudah beredar di Jakarta.

Share This: