Kapolri: Arus Mudik 2017 akan Lebih Baik Dibanding Tahun Lalu

_

Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian yakini, arus mudik dan arus balik musim Lebaran tahun ini lebih baik dibanding dengan tahun lalu. Hal tersebut dikarenakan, adanya koordinasi antara Polri dengan Kementerian dan Lembaga terkait, seperti Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Seperti diketahui, kedua kementrian itu telah menambah ruas jalan, melakukan contra flow, hingga menambah Fly Over untuk hadapi lonjakan pemudik yang diperkirakan akan terjadi pada H-2 lebaran.

Presiden juga telah menginstruksikan agar memberikan rasa aman dan nyaman pemudik untuk menyambut hari raya. Presiden tidak ingin kejadian Brebes Exit (Brexit) terulang kembali. Brexit merupakam titik terparah kemacetan selama mudik. Brexit merupakan pintu keluar arus lalu lintas menuju beberapa kota.

“Pada tahun ini, pemerintah membangun jalur tol dari Brebes Timur hingga Gringsing sepanjang 110 kilometer. Maka harus kita yakini kemacetan akan berkurang,” ungkapnya di Lapangan Silang Monas, Senin (19/6/2017).

Untuk mengatasi potensi titik macet di Brexit, pihaknya telah menyiapkan posko bersama untuk melayani masyarakat yang kesulitan selama mudik. Mulai dari posko anggota Polri, TNI, Instansi Kesehatan, Instansi Pertamina untuk layanan BBM, dan ATPM untuk montir.

“Kalau ada kesulitan mereka akan hubungi. Dari kesehatan, Polri, TNI, Pertamina dan montir ada yang siap dengan kendaraan roda dua ditengah kemacetan bisa membantu,” paparnya.

Menurut Kapolri pula, kemacetan di sepanjang jalur mudik juga disebabkan oleh lintasan kereta api yang setiap delapan menit menutup. Oleh karena itu, Kementerian PUPR tahun ini telah membangun fly over untuk mencegah cegah kemacetan yang luar biasa.

“Pembangunan 4 flyover membuat keberadaan pintu kereta tidah berpengaruh. Hanya satu yang belum dibangun flyover, karena katanya, akan dipindahkan. Satu lintasan kereta masih jauh lebih baik dari lima,” paparnya.

Kapolri menjelaskan , untuk mengantisipasi adanya kepadatan di area ruas tol dilakukan rekayasa lalin dengan contra flow.

“Yakin Insya Allah arus mudik dan balik jauh akan lebih baik dari tahun lalu dengan adanya perubahan dan perbaikan tersebut,” paparnya.

Untuk mengantisipasi kemaanan saat lebaran dan Liburan Hari Raya, Kapolri telah memerintahkan jajarannya melakukan pengamanan khusus untuk antisipasi kejahatan.

“Jika ada pemudik yang tidak menggunakan kendaraan, bisa menitipkan kendaraannya di kantor kepolisian terdekat,” paparnya.

Kepolosian juga fokus melakukan pengamanan untuk mengantisipasi kejahatan yang lain seperti di Stasiun, Terminal, Bandara, Premanisme, Penjambretan, Pencopetan, hingga Pencuri Tas.

“Semua jadi fokus untuk dibersihkan agar masyarakat nyaman ketika mudik. Begitu juga terjadi arus balik. Kita harus jamin keamanan dan kenyanan masyarakat,” tandasnya.

 

 

 

Share This: