Keindahan Warna Wani di Permukiman Lenteng Agung

_

Kampung Jodipan di Kota Malang merupakan salah satu destinasi wisata menarik di Malang Jawa Timur. Di tempat berada di tepi Sungai Brantas itu rumah-rumah dicat berwarna-warni yang menghiasi setiap dinding rumahnya dan .

Warna-warni pada dinding inilah yang menarik bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke kampung ini.  Kampung Warna-Warni Malang memiliki dua wilayah, yaitu Kampung Jodipan dan Kampung Tridi, keduanya dihubungkan dengan jembatan kaca “Ngalam”.

Kampung Warna-Warni Jodipan diresmikan pada tanggal 4 September 2016 oleh Wali Kota Malang H. Mochamad Anton yang didampingi oleh Forkopimda Kota Malang, Ketua TP PKK Kota Malang dan juga Sekretaris Daerah Kota Malang.

Lokasi foto: Gg. Harapan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Keindahan Kampung Jodipan di Malang rupanya menginspirasi warga di kota-kota lain di Indonesia.

Di Jagakarsa, tepatnya di sebelah flyover Tapal Kuda Lenteng Agung, yang bersebelahan dengan Kampus IISIP, Jagakarsa, Jakarta Selatan, sebanyak 168 rumah dicat warna-warni gentengnya, sehingga kalau dilihat dari udara sangat indah.

Pengecatan 168 genteng rumah tersebut merupakan bagian dari upaya memperindah kota Jakarta Selatan, terlebih jika dilihat dari atas jalan flyover Tapal Kuda. Genteng-genteng rumah yang dicat berada di RW 01, 02, 03, dan 05.

Tak hanya di tempat tersebut, di RW 07 dan RW 04. Beragam warna tertuang di tembok sepanjang wilayah RW tersebut hingga membentuk lukisan-lukisan yang unik.

Di Jalan Harapan misalnya, banyak tembok rumah dan jalan-jalan yang digambar dengan indah, dan dilombakan.

“Baru tadi diumumkan, gang di sini jadi Juara Ketiga,” kata seorang Ibu yang tinggal di Gg. Harapan II, Selasa (22/12/2020).

Gambar-gambar di dinding rumah atau yang terdapat di beberapa jalan membuat lingkungan di sana terasa indah. Apalagi waga setempat juga meletakan tanaman penghijau dan bunga-bunga di halaman mereka, membuat suasana terasa asri, walau gerakan ini masih terkesan sporadis.

Lurah Lenteng Agung Satia mengungkapkan kampung Warna-Warni kini masih dalam proses pengecatan. Dia mengaku melakukan program tersebut karena terinspirasi dari kota Malang, Jawa Timur yang juga memiliki kampung warna-warni kemudian viral di media sosial.

Share This: