“Keira” Film Tentang Seorang Gadis Dengan Tujuh Kepribadian

Angelica Simperler (Foto: HW)
_

TIDAK mudah memahami selera penonton fllm Indonesia. Apalagi menentukan genre, tema maupun cerita.

Tu7uh Rumah Produksi, sebuah rumah produksi yang masih terbilang muda umunya, mencoba mengangkat cerita yang berbeda, yakni tentang seorang gadis dengan tujuh kepribadian.

Pembuatan film ini berawal dari pikiran-pikiran aneh produsernya, Tirta Siregar, yang selalu terbayang dengan kepribadian aneh dari seseorang.

“Ini tercetus dari tahun 2013. Setiap orang punya sisi lain. Itu tanpa disadari. Saya diskusikan demgan Pak Andre (produser), kita ingin membuat film dengan cerita seperti itu.
Lalu kami ceritakan kepada Mas Harry Dagoe, ternyata dia bisa menangkapnya,” ungkap Tirta kepada wartawan di kafe Queen’s Head Kemang, Jakarta, Jum’at (12/10/2018) siang.

Sutradara Harry Dagoe mengaku mendapat tawaran ketika dia sedanag melakukan persiapan film “Qasidah Barzanzi”.

“Saya diajak ngobrol tentang film ini. Dia ingin bikin film yg entertaining dengan cerita split personality. Pulang dari ngobrol-ngobrol, saya spt fly. Karena saya suka dengan hal-hal baru.
Ini saya suka lalu membedah skenario dan saya merwrite ulang,” tutur Harry.

Artis Angelica Simperler dipercaya untuk memerankan tokoh Keira. Menurut produser Andre Murtono, Angelica cocok memerankan tokoh yang memiliki multi kepribadian itu.

Angelica sendiri mengaku surprise mendapat tawaran tersebut. “Film ini berbeda ya. Skenarionya menarik, tapi saya dibuat panik dengan karakter dalam film ini. Sungguh berat harus memainkan tujuh karakter berbeda,” katanya.

Aktor lawas Ray Sahetapy yang ikut main dalam Keira berpedapat, film ini sangat dekat dengan situasi kebangsaan saat ini yang rumit dan perlu dibahas.

“Ini bukan film horor, tetapi cermin dari situasi bangsa ini. Nusantara banyak memberi, tetapi kenapa kita juga sering tertimpa musibah. Nah situasi itu ada dalam film ini. Karena itu mari kita tonton dan diskusikan,” pinta Ray.

Syuting film ini berlangsung di Lampung. Beberapa kasus penyakit kejiwaan menjadi catatan dan referensi rumah produksi sebelum memproduksi film. Sebagian merupakan cerita yang dltuturkan penyandang penyakit kejiwaan ini.

Dan mereka menyandang penyakit dengan berbagai tingkat dan ragam kepribadian. Ada yang mengaku memiliki dua kepribadian, tiga, empat atau bahkan lima.

Namun tokoh di film Keira ini memiliki tujuh kepribadian, meskipun sesungguhnya ia memiliki sembilan kepribadian. Yang dijumpai tentunya penyandang penyakit dengan dua kepribadian. Ini yang umum. Penyandang tujuh kepribadian kadang dirasa tidak masuk akal. Namun nyatanya ada.

Menurut wartawan senior Yan Widjaya yang ikut berperan dalam Keira, film yang akan beredar pada Novenver 2018 ini sudah diminta oleh sebuah festival film di luar negeri.

“Tetapi tentu saja produsernya ingin film ini main di dalam negeri terlebih dahulu,” kata Yan.

 

 

Share This: