Kemenhub Himbau Masyarakat Tidak Gunakan Sepeda Motor Untuk Mudik

_

Sepeda motor tidak didisain untuk perjalanan jarak jauh. Karena itu sangat berisiko apalagi bepergian jauh, seperti mudik ke kampung halaman menggunakan sepeda motor.

Direktur Perhubungan Darat, Pudji Hartanto menghimbau kepada masyarakat,  untuk tidak mudik menggunakan motor.

“Saya menghimbau untuk tidak menggunakan sepeda motor saat mudik,” ungkapnya di Gedung Kementerian Perhubungan, Selasa (13/6/2017).

Menurut Pudji, pengguna motor lebih rentan mengalami kecelakan karena biasanya pengguna motor akan berkutat dengan situasi padat. Jarak yang jauh membuat lelah. Apalagi situasi puasa yang membuat kehilangan sedikit konsentarsi, hingga banyaknya barang berlebihan, yang menggangu pemudik motor.

Untuk memfasilitasi pemudik yang ingin menggunakan sepeda motor di kampung halamannya. Kemenhub telah menyelenggarakan mudik gratis bagi pengguna sepeda motor. Motor diangkut truk, dan penumpangnya naik bus. Terkait mudik gratis yang diselenggarakan Kemenhub.

“Untuk mudik gratis dengan bus sudah penuh. Yang masih kurang peminatnya adalah kapal roro dengan tujuan mudik Lampung dan Semarang. Masyarakat yang ingin mudik ke Semarang dan Lampung bisa segera mendaftar. Gratis,” paparnya.

Namun apabila masyarakat tetap menggunakan sepeda motor, Pudji berharap agar tetap patuh pada aturan.

“Tidak boleh bonceng bertiga, meskipun anak sendiri. Dan beristirahat jika lelah di rest area yang disediakan,” jelasnya.

 

 

Share This: